get app
inews
Aa Read Next : Status Gunung Semeru Naik dari Level IV Menjadi Awas, Warga Diminta Tidak Beraktivitas Jarak Dekat

Berpotensi Terjadi Gerakan Tanah Jelang Puncak Musim Hujan, PVMBG: Jawa Barat Berpotensi Tinggi

Minggu, 26 Desember 2021 | 11:57 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: BPBD Kabupaten Bogor)

JAKARTA, iNews.id - Dihimbau bagi masyarakat Jawa Barat, khususnya yang tinggal di daerah rawan bencana gerakan tanah (soil mass movement) atau tanah longsor dan banjir bandang menjelang puncak musim hujan pada periode Januari hingga Maret 2022.

Intesifkan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana. "Hari Jumat, 24 Desember 2021 kemarin, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, menjelang puncak musim hujan pada periode Januari hingga Maret 2022, agar Provinsi Jawa Barat mengintensifkan mitigasi bencana," ujar Kepala Badan Geologi PVMBG Eko Budi Lelono dalam keterangannya, Sabtu (25/12/2021).

Eko mengatakan, pihaknya juga telah membuat peta titik terjadinya potensi gerakan tanah bulan Januari 2022 berdasarkan overlay peta zona kerentanan gerakan tanah Badan Geologi dan Peta Prakiraan Musim Hujan Pada Bulan Januari 2022.

"Hasil overlay diperoleh menunjukkan Jawa Barat mempunyai potensi tinggi terjadi gerakan tanah atau tanah longsor dan banjir bandang," lanjut Eko.

Berikut daftar wilayah di Jawa Barat yang berpotensi terjadi gerakan tanah atau tanah longsor dan banjir bandang pada menjelang puncak musim hujan tersebut terutama di Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut