get app
inews
Aa Read Next : Simak 5 Tips agar Tetap Fokus dan Produktif saat Berpuasa yang Penting Diketahui

Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh

Kamis, 09 Maret 2023 | 12:07 WIB
header img
Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Manfaat Jalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh. (Foto: Fatiha Eros Perdana/Net Bekasi)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Jalan kaki, suatu aktivitas olahraga yang mungkin terlihat sepele, namun memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan. Olahraga ringan dengan berjalan kaki dapat membantu mencegah penyakit tertentu, memperpanjang umur Anda, serta menjaga kebugaran tubuh.

Olahraga jalan kaki adalah salah satu olahraga yang gratis, mudah dilakukan, serta bisa disesuaikan dengan jadwal rutin Anda. Anda hanya membutuhkan sepasang sepatu untuk melakukan olahraga ini. Menurut Healthline, berikut adalah manfaat jalan kaki:

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Melakukan aktivitas jalan kaki dapat membantu mengurangi risiko terkena flu atau penyakit flu. Hal ini didukung oleh sebuah studi yang melibatkan 1.000 orang dewasa selama musim flu. 

Dalam studi tersebut, ditemukan bahwa orang dewasa yang melakukan jalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 hingga 45 menit sehari mengalami penurunan sebanyak 43 persen dalam jumlah hari sakit dan infeksi saluran pernapasan bagian atas secara keseluruhan. 

Selain itu, mereka yang sakit juga mengalami penurunan gejala yang lebih signifikan dibandingkan dengan orang dewasa yang tidak melakukan aktivitas jalan kaki dalam penelitian tersebut.

4. Membakar kalori 

Jalan kaki dapat membantu membakar kalori dalam tubuh Anda. Hal ini dapat membantu dalam menjaga atau menurunkan berat badan Anda. Jumlah kalori yang dibakar saat jalan kaki dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kecepatan jalan, jarak yang ditempuh, medan yang dilalui (Anda akan membakar lebih banyak kalori saat berjalan menanjak daripada di permukaan datar), dan berat badan Anda.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah 

Melakukan aktivitas jalan-jalan singkat setelah makan dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Berdasarkan sebuah penelitian kecil, dilaporkan bahwa berjalan kaki selama 15 menit sebanyak tiga kali sehari (setelah sarapan, makan siang, dan makan malam) mampu menurunkan kadar gula darah lebih signifikan dibandingkan berjalan kaki selama 45 menit pada waktu lain di siang hari.

2. Meredakan Nyeri Sendi

Melakukan aktivitas jalan kaki dapat membantu melindungi persendian, termasuk lutut dan pinggul Anda. Hal ini dikarenakan aktivitas jalan kaki dapat membantu melumasi dan memperkuat otot-otot yang menopang persendian tersebut. Tidak hanya itu, jalan kaki juga dapat memberikan manfaat bagi penderita arthritis, seperti mengurangi rasa nyeri. 

Selain itu, melakukan jalan kaki sejauh 5 hingga 6 mil dalam seminggu juga dapat membantu mencegah radang pada persendian.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut