get app
inews
Aa
Read Next : 6 Film yang Bikin Aktornya Pensiun, Salah Satunya Willy Wonka and the Chocolate Factory

Sederet Negara Terbaik untuk Nikmati Masa Pensiun 2023, Ada Thailand dan Portugal

Senin, 13 Maret 2023 | 12:27 WIB
header img
Italia menjadi salah satu negara terbaik untuk nikmati masa pensiun. Foto: Freepik

4. Spanyol

Jika Anda sedang mencari tempat yang bisa memberi Anda kualitas hidup yang tinggi tanpa biaya hidup yang tinggi, Spanyol dapat jadi pilihan. Walau harga telah meningkat dalam dekade terakhir, Spanyol tetap jadi salah satu negara termurah di Eropa Barat.

Mereka yang mencari kota besar namun ingin menekan biaya hidup, harus mengunjungi kota pesisir Valencia, Alicante dan Malaga, ujar Patricia Palacios, salah satu pendiri España Guide, kepada Best Life.

Kota dan desa yang lebih kecil merupakan alternatif yang lebih murah, namun di mana pun Anda memutuskan untuk menelepon ke rumah, Anda bakal merasa disambut berkat fokus Spanyol pada generasi yang lebih tua.

Masakan Spanyol adalah bonus lain untuk memilih pensiun di sini. Pasalnya Spanyol banyak memproduksi buah-buahan dan sayuran untuk konsumsi lokal dan ekspor ke seluruh Eropa. Ikan segar dan makanan laut juga tidak mahal dan tersedia karena Spanyol berada tepat di pesisir pantai.

5. Kosta Rika

Orang-orang yang tinggal di Kosta Rika cenderung lebih santai dan bebas dari rasa khawatir karena rasa kebersamaan yang tinggi dan laju kehidupan yang lebih lambat, serta wisatawan dan ekspatriat dari seluruh dunia berduyun-duyun ke negara ini untuk menemukan keajaiban Kosta Rika versi mereka sendiri.

"Kosta Rika, secara umum, adalah lokasi pensiun yang ideal, karena biaya hidup yang relatif rendah dan reputasinya sebagai negara teraman di Amerika Tengah," ujar blogger perjalanan di balik Uprooted Traveler, Jessica Schmit.

Negara itu sendiri penuh dengan satwa liar, pemandangan indah, dan situs bersejarah. Jika Anda penggemar alam luar, Anda bisa berkayak atau mendaki agar tetap aktif dan sehat. Banyak ekspatriat senang mengenal penduduk setempat dengan belajar memasak masakan khas Kosta Rika dan mempelajari semua seni pribumi.

6. Ekuador

Terkenal sebagai tujuan wisata berkat Kepulauan Galapagos, Ekuador pun kerap tercatat sebagai lokasi teratas untuk pensiun. Warga Ekuador berkembang dengan cara hidup yang tenang dan Anda akan segera diterima di komunitas tersebut.

Selain itu, mencari apartemen tidak akan jadi pengalaman yang menegangkan, Anda bisa dengan mudah hidup di bawah USD2.000 (Rp30 jutaan) sebulan di banyak tempat di seluruh negeri.

Negara ini menawarkan perpaduan pegunungan dan pantai. Anda bakal selalu punya pemandangan yang menakjubkan.

"Ekuador juga merupakan rumah bagi beberapa ekosistem paling beragam di dunia, menjadikannya tempat yang bagus untuk menjelajahi dan menemukan alam," kata Lewis.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut