get app
inews
Aa Read Next : PLN Icon Plus Jaga Keandalan Jaringan dan Layanan selama Libur Lebaran

Kemnaker Tetapkan Aturan Baru, THR Wajib Dibayar 7 Hari Sebelum Lebaran

Rabu, 29 Maret 2023 | 12:07 WIB
header img
Segera Bayar THR! Kemnaker Tetapkan Aturan Baru, THR Wajib Dibayar 7 Hari Sebelum Lebaran. (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mewajibkan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) 2023 dilakukan 7 hari sebelum lebaran. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 menetapkan THR Keagamaan sebagai kewajiban perusahaan

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kemnaker, Indah Anggoro Putri, mengumumkan bahwa Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pekerja/buruh harus dibayarkan penuh bagi mereka yang telah bekerja selama 12 bulan atau lebih.

THR wajib dibayarkan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya, sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan.

Indah Anggoro Putri dari Kemnaker menyatakan akan segera mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang pemberian THR Lebaran 2023 bagi perusahaan.

Hal ini mengacu pada Permenaker Nomor 6 Tahun 2016, di mana pekerja/buruh yang memiliki masa kerja 12 bulan atau lebih harus diberikan THR sebesar 1 bulan upah. Bagi pekerja yang masa kerjanya kurang dari 12 bulan, THR disesuaikan dengan masa kerjanya.

Pasal 3 juga menyebutkan bahwa THR wajib dibayarkan paling lambat H-7 sebelum lebaran. SE akan segera disebar untuk menjadi acuan bagi perusahaan dalam membayarkan THR kepada karyawannya.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut