get app
inews
Aa Read Next : Cabut Status Pandemi Covid-19, Jokowi Sebut 99 Persen Masyarakat RI Sudah Miliki Antibodi

Setelah Tiga Tahun Lamanya, WHO Resmi Umumkan Pandemi Covid-19 Berakhir

Sabtu, 06 Mei 2023 | 19:00 WIB
header img
Setelah Tiga Tahun Lamanya, WHO Resmi Umumkan Pandemi Covid-19 Berakhir. Foto: MNC Media

JAKARTA, iNewsBekasi.id - World Health Organization (WHO) mengumumkan pandemi Covid-19 sudah berakhir pada Jumat (5/5/2023) usai berlangsung tiga tahun lamanya.

Dilansir dari IDX Channel, Komite Darurat WHO merekomendasikan PBB untuk merekomendasikan PBB untuk mendeklarasikan berakhirnya panedemi yang sudah menewaskan lebih dari 6,9 juta orang.

“Oleh karena itu, saya menyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dilansir dari Reuters, Jumat (5/5/2023)

Walau begitu, WHO menegaskan Covid-19 belum berakhir sebagai ancaman kesehatan global. Dengan dicabutnya status tersebut, menandakan kemajuan bagi seluruh dunia dalam segala aspek.

"Covid-19 telah mengubah dunia, dan itu telah mengubah kita. Dan memang seharusnya begitu. Jika kita kembali ke keadaan sebelum Covid-19, kita akan gagal untuk mempelajari pelajaran kita, dan mengecewakan generasi masa depan kita," jelas Ghebreyesus.

Menurut data WHO, tingkat kematian telah melambat dari puncak lebih dari 100.000 orang per minggu pada Januari 2021, menjadi lebih dari 3.500 dalam seminggu hingga 24 April 2023.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut