Logo Network
Network

Pemkab Bekasi Pastikan Perbaikan SDN 01 Sukadanau yang Rusak Diterpa Angin: akan Direhab Total

Abdullah M Surjaya/Eka Dian Syahputra
.
Kamis, 11 Mei 2023 | 06:00 WIB
Pemkab Bekasi Pastikan Perbaikan SDN 01 Sukadanau yang Rusak Diterpa Angin: akan Direhab Total
Pemkab Bekasi Pastikan Perbaikan SDN 01 Sukadanau yang Rusak Diterpa Angin. Foto: MPI

BEKASI, iNewsBekasi.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi memastikan perbaikan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Sukadanau akan masuk pada rencana pembangunan prioritas. Ruang kelas yang tak lagi layak tersebut bakal diperbaiki total.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Benny Sugiarto Prawiro menuturkan, SDN 01 Sukadanau sebenarnya sudah masuk ke catatan sekolah yang bakal diperbaiki. Perbaikan penting dilakukan lantaran kondisinya tak lagi memadai.

"Kan sebenarnya itu bangunan dua lantai, nah yang lantai dua yang atapnya rusak. Tapi sesuai analisa tingkat kerusakan yang kami lakukan, itu akan semuanya diperbaiki, akan direhab total," ucap Benny, Selasa 9 Mei 2023.

Benny mengatakan, pihaknya senantiasa memeriksa tingkat kerusakan pada bangunan-bangunan milik negara,

mayoritas di antaranya gedung sekolah. SDN 01 Sukadanau yang pekan lalu ambruk lantaran tersapu angin.

Dalam pemeriksaan, kerusakan terdapat pada banyak titik mulai dari plafon, dinding, atap, lantai hingga utilitas penunjang lainnya. Bahkan mayoritas tingkat kerusakannya sedang dan berat.

Untuk itu perbaikan tidak dapat dilakukan sederhana melainkan perlu rehab total. "Makanya memang rencana kami itu rombak total semuanya," ucap dia.

Karena bersifat menyeluruh, perbaikan tidak dapat dilakukan tahun ini. Kendati demikian, SDN 01 Sukadanau telah masuk dalam skala prioritas tahun depan.

"Karena kalau menggunakan APBD Perubahan itu tidak cukup, baik waktu maupun anggarannya. Jadi agar perbaikannya benar-benar maksimal, akan kami alokasikan tahun depan," ucap dia.

Sebelumnya, atap pada dua ruang kelas di lantai dua SDN 01 Sukadanau itu ambruk pada Sabtu 6 Mei 2023. Diduga atap bangunan tersebut ambruk karena tersapu angin.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini