get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Alquran dan Sains Ungkap Bulan Pernah Panas dan Bercahaya seperti Matahari

6 Negara di Dunia Ini Punya Durasi Malam Terpendek, Berikut Penentuan Waktu Salatnya

Sabtu, 08 Januari 2022 | 16:42 WIB
header img
Perubahan waktu siang dan malam terjadi sebab adanya perputaran bumi atau yang disebut rotasi bumi dan revolusi bumi. (Foto: Ist)

6. Finlandia

Finlandia merupakan negara terakhir yang sulit sekali menemui malam saat musim panas. Karena negara ini berada di lingkar kutub, maka selama musim panas matahari akan bersinar 24 jam.

Fenomena ini sama seperti di Norwegia karena mengalami midnight sun. Banyak juga turis datang ke Finlandia pada musim dingin untuk menikmati keindahan aurora.

Lalu bagaimana penentuan waktu untuk umat Islam beribadah, khususnya salat Magrib, Isya, dan Subuh yang ditandai dengan terbit dan tenggelamnya matahari. Sesuai keputusan Majelis Ulama Besar Arab Saudi yang dikutip dari laman islamqa.info, ada dua putusan yang dikeluarkan.

Pertama: Barang siapa yang bertempat tinggal di negara-negara yang siang dan malamnya berjarak dengan ditandai terbit dan terbenamnya matahari, termasuk negara yang siangnya berlangsung lama pada musim panas, dan berlangsung sebentar pada musim dingin, maka wajib mendirikan salat pada waktu-waktu yang sudah ditentukan oleh syariat.

Kedua: Barang siapa yang bertempat tinggal di negara-negara yang mataharinya tidak terbenam selama musim panas, dan tidak terbit pada musim dingin, atau di negara-negara yang siangnya selama enam bulan, dan malamnya selama enam bulan, maka wajib bagi mereka mendirikan salat lima waktu dalam 24 jam. Dan hendaknya memperkirakan batasan waktu masing-masing waktu salat dengan menyesuaikan waktu salat negara tetangga.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut