Ini Sederet Negara di Dunia yang Punya Utang Terbesar ke China, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Lutfan Faizi
.
Senin, 05 September 2022 | 07:00 WIB
Terdapat Lima Negara di Dunia yang Punya Utang Terbesar ke China. (Foto: Dok Caixin Global)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Terdapat lima negara di dunia yang punya utang terbesar ke China. Seperti diketahui, China dikenal sebagai kreditur terbesar di dunia. 

China bahkan tak sungkan memberi pinjaman dengan besaran tertentu bagi negara yang menginginkannya.

Dikutip dari laman Statista, Senin (5/9/2022), negara-negara yang berhutang ke China sebagian besar terletak di kawasan Afrika. Sebagai pemberi pinjaman untuk negara berpenghasilan rendah, Beijing memegang sekitar 37 persen dari utang negara-negara tersebut.

Pada tahun 2020, China secara resmi telah meminjamkan sekitar USD 170 miliar kepada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Angka tersebut mengalami kenaikan dari angka USD 40 miliar di tahun 2010.

Melansir dari laman Statista, berikut lima negara yang punya utang luar negeri terbesar ke China:

1. Djibouti

Djibouti merupakan salah satu negara Afrika yang turut berutang ke China. Negara ini berbatasan dengan Somalia di selatan, Ethiopia di barat daya, dan Eritrea di bagian utara.

Dikutip dari laman France 24, China telah menghabiskan sekitar USD 14 miliar untuk investasi dan pinjaman bagi Djibouti sejak tahun 2012 hingga 2020.

Adapun, alasan Beijing memberi cukup banyak untuk negara ini karena mereka merasa Djibouti adalah jembatan bagi China menuju negara-negara pedalaman Afrika yang lebih menjanjikan secara ekonomi.

Menurut data Statista terkait Negara dengan hutang terbanyak ke China berdasarkan Pendapatan Nasional Bruto 2020, Djibouti berada di urutan teratas. Negara di kawasan Afrika ini memiliki hutang setara 43 persen dari PNB yang dimilikinya.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini