get app
inews
Aa Read Next : Hutan Kota di Makasar Jakarta Timur Jadi Sarang LGBT, Wali Kota: Dijaga Ketat 24 Jam

Selain HIV/AIDS, Ini Sederet Penyakit Kelamin yang Mengintai akibat LGBT

Jum'at, 09 Juni 2023 | 07:00 WIB
header img
Penyakit Kelamin akibat LGBT. Foto: Ilustrasi/Ist

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Beberapa penyakit kelamin akibat Lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) ternyata sangat mengerikan. Kelompok ini bahkan begitu rentan mengalami penyakit-penyakit itu.

Terlebih, sampai saat ini, fenomena ini dapat meningkatkan tingkat kerentanan penularan virus teresebut dalam jumlah yang besar.

Walau HID/AIDS merupakan penyakit kelamin yang banyak menjangkiti akibat LGBT, tetapi masih banyak sejumlah penyakit kelamin lainnya yang mengintai.

Dilansir dari SINDOnews, berikut sejumlah penyakit kelamin yang mengintai akibat LGBT.

Penyakit Kelamin akibat LGBT

1. Sifilis

Sifilis rupanya dapat disebabkan akibat aktivitas seksual dengan anal. Sebab, penetrasi penis ke dalam anus bisa menyebarkan bakteri dan virus penyakit seksual lainnya dengan cepat.

Terlebih, bagian anus bukanlah area yang bersih. Sehingga, jangan heran apabila virus dan bakteri gampang masuk ke tubuh ketika melakukan hal tersebut.

2. HIV/AIDS

Seperti yang disebutkan sebelumnya, HIV/AIDS menjadi penyakit yang paling mengancam akibat LGBT. Pasalnya, menurut salah satu penelitian yang dimuat dalam International Journal of Epidemiology mengungkapkan bahwa tingkat risiko penularan HIV lewat seks anal lebih besar 18% dari penetrasi vagina.

Hal ini dikarenakan jaringan dan lubrikan alamiah pada anus dan vagina sangat berbeda. Vagina memiliki banyak lapisan yang bisa menahan infeksi virus, sementara anus hanya memiliki satu lapisan tipis saja.

Tak seperti vagina, anus juga tidak memproduksi lubrikan alami sehingga kemungkinan terjadinya luka atau lecet ketika penetrasi anal dilakukan pun lebih tinggi. Luka inilah yang bisa memicu penyebaran infeksi HIV.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut