get app
inews
Aa Read Next : Selamat! Sisca Kohl dan Jess No Limit Dikaruniai Anak Pertama, Jenis Kelamin Perempuan

Simak Ya Bun, Ini 5 Obat Alami yang Ampuh untuk Atasi Sariawan pada Anak

Rabu, 21 Juni 2023 | 16:39 WIB
header img
Anak Sariawan. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Sariawan tak cuma dialami orang dewasa, kondisi mulut dengan luka (lesi) seperti merah dan meradang di area gusi, bibir bagian dalam, langit-langit atau lidah ini bahkan tidak jarang dialami anak-anak.

Sekitar 80 persen kasus sariawan, mengutip laporan Medical News Today memang berskala ringan. Namun bukan berarti sariawan pada anak kemudian didiamkan saja tidak diobati. Mengobati sariawan si kecil, ayah dan bunda dapat mencoba mengobatinya dengan memanfaatkan rempah-rempah sebagai obat alami. Apa saja? Berikut informasinya, dihimpun dari Parenting, Medical News Today, Parents dan Okezone.

1. Lidah buaya

Saat si kecil mengalami sariawan, tidak ada salahnya coba obati dengan lidah buaya, yang disebut dapat memberikan kelegaan dari rasa sakit. Sifat antibakteri pada lidah buaya, bukan hanya untuk penyembuhan tapi juga berkontribusi ke kesehatan gusi anak.

Cara penggunaanya, bisa oleskan gel lidah buaya yang dioles ke area sariawan atau mencampurnya dengan air dingin, kemudian bilas sariawan tiga kali sehari.

2. Madu

Bagi anak yang usianya telah di atas satu tahun, sariawan dapat dicoba diobati dengan madu. Pasalnya, madu memiliki sifat anti-mikroba yang hebat, membantu untuk menyembuhkan luka dengan cepat.

3. Kunyit

Tak hanya untuk bumbu dapur, kunyit juga bermanfaat untuk bantu obati berbagai sakit, contoh sariawan. Sifat anti-inflamasi, antiseptik, dan antibakteri pada kunyit disebut membantu menyembuhkan luka, termasuk sariawan. Triknya supaya lebih muda, kunyit ini bisa dicampurkan dengan madu.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut