get app
inews
Aa Read Next : Pentingnya Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini, Klinik Arini Gelar Learn and Fun

Studi Temukan Konsumsi Pizza Dapat Meringankan Gejala Rematik

Minggu, 13 Agustus 2023 | 16:00 WIB
header img
Pizza. Foto: Raxpizza

Peserta yang mengonsumsi setengah porsi pizza lebih dari sekali per minggu melaporkan pengurangan nyeri yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi dua porsi pizza per bulan.

Untuk mereka yang menderita rematik dengan tingkat keparahan yang lebih tinggi, mengonsumsi jumlah yang sama dari pizza mengakibatkan pengurangan rasa sakit sebanyak 80 persen. Meskipun obat-obatan seperti steroid dan fisioterapi tetap menjadi bentuk pengobatan utama untuk kondisi ini.

Namun, menurut NHS, belum ada bukti yang kuat yang menunjukkan bahwa perubahan pola makan secara spesifik dapat secara signifikan memperbaiki rematik. Walaupun demikian, beberapa penderita rematik melaporkan pengalaman bahwa gejala mereka menjadi lebih buruk setelah mengonsumsi makanan tertentu.

NHS merekomendasikan penderita rematik untuk mengadopsi diet anti-inflamasi ala gaya Mediterania, yang mencakup konsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, polong-polongan, sereal, biji-bijian, ikan, dan lemak sehat seperti minyak zaitun.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut