get app
inews
Aa Read Next : Camat Bekasi Selatan Apresiasi Kehadiran Klinik ICHC

Studi Temukan Konsumsi Pizza Dapat Meringankan Gejala Rematik

Minggu, 13 Agustus 2023 | 16:00 WIB
header img
Pizza. Foto: Raxpizza

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Studi terbaru menemukan konsumi pizza dapat meringankan gejala rematik. Sebagaimana diketahui, rematik adalah penyakit autoimun yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh salah mengidentifikasi sel sehat sebagai ancaman, mengakibatkan peradangan dan pembengkakan yang menyakitkan.

Dilansir dari The Sun melalui SINDOnews pada MInggu(13/8/2023), rematik adalah kondisi jangka panjang yang menyebabkan rasa sakit dan kekakuan pada sendi, yang saat ini masih belum memiliki pengobatan yang pasti.

Namun, diagnosis dan pengobatan dini, mulai dari aktivitas fisik hingga intervensi bedah, memiliki peranan penting dalam mencegah kerusakan sendi jangka panjang.

Para ilmuwan dari Italia menemukan bahwa mengonsumsi setidaknya setengah porsi pizza seminggu dapat mengurangi rasa sakit akibat rematik hingga 80 persen. Ahli-ahli berpendapat bahwa hal ini terjadi karena sifat anti-inflamasi yang terdapat dalam beberapa bahan segar yang digunakan dalam pizza.

"Manfaat yang ditemukan ini mungkin berasal dari keju mozzarella dan, dalam tingkat yang lebih rendah, minyak zaitun. Namun, kontribusi yang mungkin juga diberikan oleh saus tomat tidak dapat kami pastikan," tulis para peneliti dalam laporan mereka.

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Nutrients, para ilmuwan menganalisis kebiasaan makan pizza dan pola makan lebih luas dari 365 orang yang menderita rematik. Partisipan penelitian berusia antara 18 dan 65 tahun.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut