get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Bekasi Batalkan Proyek PLTSa Bantar Gebang Senilai Rp1,6 Triliun

DLH Lakukan Investigasi Penyebab Tercemarnya Kali Bekasi hingga Berwarna Hitam dan Berbusa

Senin, 14 Agustus 2023 | 18:21 WIB
header img
Kali Bekasi Berwarna Hitam dan Berbusa. Foto: MNC Media

BEKASI, iNewsBekasi.id - Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Bekasi melakukan investigasi penyebab tercemarnya Kali Bekasi sampai mengakibatkan airnya berwarna hitam dan berbusa. Berdasarkan hasil penelusuran diketahui pencemaran air Kali Bekasi berasal dari limbah perusahaan.

Kepala Dinas LH Kota Bekasi Yudianto mengungkapkan pencemaran air Kali Bekasi bermula dari aliran sungai di wilayah Cileungsi, Kabupaten Bogor. Diduga aktivitas perusahaan di wilayah itu yang membuat Kali Bekasi tercemar.

“Artinya, ada limbah terkait dengan sisa aktivitas pencucian pakaian atau pencucian berwarna buat tekstil, sehingga diduga berasal dari pabrik industri atau pencucian pakaian yang ada di wilayah sana (Cileungsi),” ujar Yudianto saat ditemui di Bendung Bekasi, seprti dilansir dari SINDOnews, Senin (14/8/2023).

Tercemarnya air Kali Bekasi menyebabkan debit produksi untuk cadangan baku dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), terhambat. Imbasnya, konsumsi air untuk warga Kota Bekasi ikut berdampak.

“Sampai sekarang kami monitor terus. Terkait hasil lab kita di sini ada kepala uji lab kita, ada kepala pengawasan kita, dan ada Tim Katak kita yang senantiasa menelusuri aliran kali Bekasi,” tuturnya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut