get app
inews
Aa Read Next : Terinspirasi Tri Sakti Bung Karno, M2 Mantap Maju Pilkada Kota Bekasi

Minta 50 Tusuk Sate, Perintah Pertama Bung Karno sebagai Presiden Setelah Ditetapkan PPKI  

Kamis, 17 Agustus 2023 | 09:48 WIB
header img
Sehari setelah membacakan Proklamasi Kemerdekan Indonesia pada 17 Agustus 1945, Soekarno atau Bung Karno menghadiri pertemuan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945. (Foto: Dok)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Sehari setelah membacakan Proklamasi Kemerdekan Indonesia pada 17 Agustus 1945, Soekarno atau Bung Karno menghadiri pertemuan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945.

Pertemuan digelar di Gedung Raad van Indie di Pejambon, Jakarta Pusat atau sekarang menjadi Gedung Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Soekarno pun dipilih dengan suara bulat sebagai presiden dalam pertemuan tersebut. Namun tahukah perintah pertama apa yang diminta Bung Karno setelah menjadi presiden?

Dikutip dari biografi yang disusun leh Cindy Adams dalam karyanya yang berjudul 'Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat'

Disebutkan pada waktu itu, semua anggota PPKI setuju untuk menunjuk Soekarno dengan suara bulat sebagai presiden pertama pada tanggal 18 Agustus 1945. 

Keputusan untuk menunjuknya didasarkan atas rekomendasi dari Otto Iskandardinata, dan juga diusulkan oleh Mohammad Hatta sebagai wakil presiden.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut