get app
inews
Aa Read Next : 8 Cara Agar Akun Gmail Tidak Dihapus dan Tetap Aman

Apa Itu Google Takeout, Benarkah Bisa Mencadangkan Data?

Senin, 04 Desember 2023 | 16:59 WIB
header img
Apa itu google takeout? Salah satu platform yang dikembangkan oleh Google yang digunakan untuk memulihkan atau mendownload data yang tersimpan di dalamnya. Foto: iNews.id

BEKASI, INewsBekasi.id - Apa itu google takeout? Salah satu platform yang dikembangkan oleh Google yang digunakan untuk memulihkan atau mendownload data yang tersimpan di dalamnya. Saat ini digitalisasi sedang digalakkan secara besar-besaran, kehadiran Google Takeout dianggap penting oleh pengguna internet. 

Dengan platform ini, Anda tidak perlu khawatir tentang transfer data hanya karena ingin memperbarui perangkat Anda. Dengan kata lain, Google Takeout sudah menawarkan layanan transfer data berbasis digital dan dapat dilakukan dengan cepat.

Apa itu Google Takeout? 

Google Takeout adalah platform pengumpulan data yang memungkinkan pengguna mengimpor dan mengekspor data dari berbagai layanan Google. Sederhananya, Google Takeout mengambil semua data Google yang ada dan menggabungkannya ke dalam satu file yang  dapat Anda unduh. 

Layanan  gratis dari Google ini memungkinkan Anda menyalin data yang tersimpan di Google, termasuk Gmail, Drive, Foto, Kalender, dan lainnya. Pengguna dapat mendownload data dalam berbagai format termasuk ZIP, TAR, dan XML. Selain itu, pengguna juga dapat memilih untuk mengunduh jenis data tertentu saja, seperti email, foto, dan video.

Fungsi Google Takeout 

  • Mencadangkan data 

Google Takeout menjadi pilihan untuk mencadangkan data Anda agar berjaga-jaga apabila akun Google hilang, Anda dapat mendownload semua data atau jenis data tertentu saja. 

  • Memindahkan Data ke Layanan Lain

Google Takeout dapat membantu menyalin dan memindahkan data ke layanan lain, seperti Dropbox atau OneDrive. 

  • Memeriksa dan Menganalisis Data Anda 

Google Takeout dapat membantu pengguna untuk menganalisis data. Sehingga pengguna bisa mengunduh data dalam format yang mudah dibaca, seperti CSV atau JSON.
 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut