get app
inews
Aa Read Next : Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tidak Ada Internet Paling Ampuh 

Cara Mengatasi Wifi Tidak Bisa Tersambung, Coba Cek Apa Penyebabnya

Selasa, 12 Desember 2023 | 16:42 WIB
header img
Cara mengatasi Wifi tidak bisa tersambung bisa dilakukan dengan mudah. Kondisi ini bisa membuat pengguna frustasi, apalagi jika tidak memiliki paket data Internet. Foto: Ilustrasi

BEKASI, INewsBekasi.id – Cara mengatasi Wifi tidak bisa tersambung bisa dilakukan dengan mudah. Kondisi ini bisa membuat pengguna frustasi, apalagi jika tidak memiliki paket data Internet. Tentu saja hal ini mengganggu aktivitas dan kenyamanan pengguna saat menjelajahi di Internet.

WiFi atau Wireless Fidelity adalah alat komunikasi nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menghubungkan dua perangkat atau lebih untuk mengakses Internet. Wi-Fi merupakan komponen penting yang menunjang aktivitas sehari-hari. Apalagi untuk orang yang bekerja atau belajar  online dari rumah.

Penyebab Wifi Tidak Bisa Tersambung 

1. Password Salah

Jika Anda memasukkan kata sandi WiFi yang salah, WiFi Anda mungkin tidak dapat terhubung ke ponsel Anda. Ini seringkali menjadi masalah yang paling umum di kalangan pengguna smartphone.

2. Permasalahan pada HP

Dalam beberapa kasus, jika WiFi Anda tidak dapat terhubung ke ponsel Anda, hal itu mungkin disebabkan oleh masalah pada ponsel itu sendiri. Masalah ini bisa terjadi karena memori terlalu penuh atau ada masalah  pada hardware dan software.

3. Router Overload

Terlalu banyak koneksi di jaringan atau ada aktivitas berat, seperti streaming video berkualitas tinggi atau unduhan berukuran besar. Ini dapat membebani router Anda secara berlebihan dan menyebabkan  koneksi Wi-Fi Anda lambat atau terputus.

4. Masalah pada Provider Layanan Internet

Jika Anda memastikan bahwa router atau modem tidak bermasalah, kemungkinan besar masalahnya ada pada penyedia layanan Internet Anda. Penyedia layanan Internet dapat mengalami banyak masalah, termasuk masalah  server dan masalah teknis lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, hubungi penyedia layanan Internet untuk mendapatkan bantuan teknis.

Cara Mengatasi Wifi Tidak Bisa Tersambung 

Setelah mengetahui beberapa penyebab Wifi tidak bisa tersambung, berikut ini cara mengatasinya:

1. Periksa Pengaturan

Cara mengatasi Wifi tidak bisa tersambung yakni Anda sebaiknya memeriksa pengaturan terlebih dahulu.

Buka fitur Pengaturan di ponsel Anda dan geser ke atas untuk mengakses Pusat Kontrol di Android atau iPhone. 

Pastikan juga WiFi Anda dihidupkan dan mode pesawat dimatikan. Mode pesawat  mematikan koneksi nirkabel wifi Anda maka wifi tidak dapat terhubung.

2. Mulai Ulang

Cara memperbaiki koneksi Wifi yang tidak bisa tersambung di HP selanjutnya adalah dengan me-restart HP Anda. Anda mungkin perlu melakukan boot ulang dan mencoba menghidupkannya kembali. Anda juga dapat melakukan soft reset untuk memulai ulang sistem.

3. Lupakan Jaringan

Buka pengaturan Wi-Fi dan pilih "Lupakan jaringan ini". Lalu kembali dan pilih jaringan yang Anda inginkan dan sambungkan kembali. Anda juga perlu memasukkan kembali kata sandi wifi Anda.

4. Restart Router atau Wireless Router

Router dan modem dapat dimatikan langsung dengan saklar utama. Tunggu beberapa saat setelah itu hidupkan kembali router dan  tunggu hingga lampu stabil.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut