get app
inews
Aa Read Next : Warga Muhammadiyah Tambun Utara Gelar Shalat Tarawih

Muhammadiyah: 1 Ramadhan 1445 Hijriah Bertepatan 11 Maret, Bukan untuk Mendahului Pihak Manapun Juga

Selasa, 23 Januari 2024 | 18:59 WIB
header img
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiya, Haedar Nashir. Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan awal 1 Ramadhan 1445 Hijriah bertepatan  tanggal 11 Maret 2024 (Foto: SINDOnews/Dok)

YOGYAKARTA, iNewsBekasi - Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan awal 1 Ramadhan 1445 Hijriah bertepatan  tanggal 11 Maret 2024, sedangkan Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijrah bertepatan dengan  pada tanggal 10 April 2024.

Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Natsir menjelaskan pengumuman penetapan 1 Rhamadan tersebut sama sekali bukan untuk mendahului pihak manapun juga. Justru hal itu disampaikan sebagai panduan bagi umat Islam khususnya warga Muhammadiyah. 

"Hal ini wajar saja dan sudah biasa terjadi setiap tahun. Kami menggunakan penggunaan metode hisab hakiki hilal menjadi dasar pengumuman ini. Hal ini juga perlu disampaikan untuk menghindari diskusi atau polemik yang berkepanjangan," sebutnya.

Haedar menambahkan bahwa meskipun mungkin terdapat perbedaan dalam penentuan awal Ramadan, awal puasa, dan mungkin kesamaan Idul Fitri dan Idul Adha, perbedaan ini seharusnya sudah menjadi hal yang biasa. Ia menghimbau agar perbedaan ini dapat memperkuat umat Islam dalam beribadah.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut