get app
inews
Aa Read Next : Keamanan Digital, Kunci Menuju Masyarakat Digital yang Cerdas

Kisah Inspiratif Mantan Gelandangan, Kini Sukses Jadi Bos Startup Teknologi

Jum'at, 11 Februari 2022 | 20:08 WIB
header img
Taihei Kobayashi, gelandangan yang sukses jadi bos startup teknologi. Foto: https://news.sun-asterisk.com/

Dia menghasilkan uang dengan menjual rekaman musik online dan akhirnya menemukan pekerjaan sebagai insinyur perangkat lunak di sebuah perusahaan teknologi kecil. Pekerjaan ini akan menjadi titik balik peluncuran Sun* Inc beberapa tahun kemudian. 

Menurut Kobayashi, dia menemukan pekerjaan itu saat menelusuri berbagai iklan pekerjaan dan langsung melamar karena tidak memerlukan kualifikasi dan pengalaman apa pun. Yang diperlukan hanya ujian matematika, pemikiran logis, dan IQ. Dia lulus semua ujian tersebut.

Kobayashi yang memiliki otak cerdas ini cepat mempelajari hal-hal baru. Jadi ketika dia dilatih sebagai software engineer, tidak butuh waktu lama baginya untuk menguasainya. Di perusahaan tersebut, dia dilatih oleh Makoto Hirai, orang yang pada akhirnya akan menjadi salah satu pendiri Sun* Inc. 

Menyadari insinyur perangkat lunak dapat memanfaatkan keterampilan pemrograman untuk menciptakan model bisnis yang efisien dan menguntungkan, Kobayashi dan Hirai memutuskan mulai membangun perusahaan. Kobayashi pindah ke Vietnam pada 2012 untuk merekrut insinyur muda.  

Setahun kemudian, Kobayashi kembali ke Jepang dan mendirikan Framgia Inc. bersama dengan Hirai, Takuya Umeda, dan Yusuke Hattori. Perusahaan ini nantinya akan berganti nama menjadi Sun* (diucapkan Sun-Asterisk) pada pada 2019. 

Sun* serupa dengan perusahaan konsultan Silikon Valley, seperti IDEO dan FFW yang membantu startup dan perusahaan lain mengembangkan produk dan layanan baru. Perusahaan ini juga membantu usaha kecil yang berencana untuk menjelajah ke industri lain.  

Perusahaan Kobayashi memiliki banyak klien, yang sebagian besar terdaftar di Bursa Efek Tokyo termasuk raksasa teknologi Jepang Softbank yang hadir dalam ekonomi global selama hampir 30 tahun. 

Editor : Aditya Nur Kahfi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut