get app
inews
Aa Read Next : Pendeta Gilbert Lumoindong Dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Singgung Soal Zakat

Kisah Amir Khan, Perjuangan Petinju Muslim yang Ingin Tunjukkan Wajah Islam di Amerika Serikat

Sabtu, 19 Februari 2022 | 11:24 WIB
header img
Kisah Amir Khan, Perjuangan Petinju Muslim yang Ingin Tunjukkan Wajah Islam Sesungguhnya di Amerika (Foto: The Sun)

Hasil pertarungan Canelo kemungkinan akan menciptakan konsensus tentang legitimasi Khan sebagai petarung elite. Itu mungkin juga mengubah ambisi jangka panjangnya dalam olahraga. Kemenangan atas Canelo bisa membuat Khan menjadi ''pria'' di tinju. Tapi kekalahan bisa berarti dia tidak akan pernah mendapatkan pertarungan sebesar ini lagi. 

''Saya sangat beruntung,” kata Khan. ''Saya mendapatkan banyak cinta dari orang-orang di Amerika Serikat dan Inggris, baik Muslim maupun non-Muslim. Saya mendapatkan banyak cinta dari orang-orang yang ingin melihat saya sukses.” 

Di luar ring, Khan memimpin dengan memberi contoh, menjadikan kesuksesannya di dalamnya sebagai komoditas berharga yang lebih dari sekadar dolar dan poundsterling. Dia ingin upaya amalnya terlihat sejelas mungkin, dan dia ingin memiliki jangkauan yang luas. "Saya melakukan hal-hal baik di dunia selain tinju," kata Khan. ''Saya ingin anak-anak muda mengikuti jejak saya dan melakukan hal-hal positif. Orang-orang di seluruh dunia mengenal Amir Khan. Bukan hanya umat Islam. Saya pikir orang-orang mengikuti saya karena saya fokus pada hal-hal yang baik.''

AmirKhanWorld.com memiliki bagian Beyond Boxing yang menampilkan kehidupan petarung di luar olahraga. Ketika dia tidak berada di ring busting head, Khan membantu membangun panti asuhan di negara berkembang. Dia menjadi sukarelawan di seluruh dunia, membantu korban bencana alam dan pengungsi dalam kemiskinan. 

Dunia Muslim Khan jauh berbeda dari yang kita lihat di film-film aksi dan berita-berita yang menempatkan Islam dan terorisme bergandengan tangan. Dia dibesarkan di Bolton, sebuah kota yang tenang di Manchester County, Inggris, dengan orang tuanya, dua saudara perempuan dan satu saudara laki-laki, Haroon "Harry" Khan, yang juga seorang petinju profesional. 

Keluarga tersebut membangun bisnis di seputar kesuksesan Amir di atas ring, termasuk Amir Khan Academy, sebuah perusahaan yang mendirikan sasana tinju di Bolton dan Islamabad, Pakistan, untuk membantu anak-anak menjauhi jalanan. Tapi gambaran umum teroris di media memaksa Khan untuk berjuang dalam pertempuran yang lebih besar daripada yang akan dia hadapi di ring tinju. Dia meningkatkan kesadaran tentang isu-isu yang dekat dengan hati banyak orang yang merasakan efek global terorisme. 

''Menjadi seorang Muslim atau pergi ke masjid tidak mengajarkan Anda untuk menjadi teroris. Itu kesalahpahaman besar," kata Khan. ''Jika para teroris ini membaca Al-Qur’an atau mengikuti Al-Qur’an, mereka akan tahu bahwa orang-orang Muslim diajarkan untuk menghormati semua agama yang berbeda dan menghormati orang-orang secara umum.” 

Hasil pertarungan Canelo kemungkinan akan menciptakan konsensus tentang legitimasi Khan sebagai petarung elite. Itu mungkin juga mengubah ambisi jangka panjangnya dalam olahraga. Kemenangan atas Canelo bisa membuat Khan menjadi ''pria'' di tinju. Tapi kekalahan bisa berarti dia tidak akan pernah mendapatkan pertarungan sebesar ini lagi. 

''Saya sangat beruntung,'' kata Khan. “Saya mendapatkan banyak cinta dari orang-orang di Amerika Serikat dan Inggris, baik Muslim maupun non-Muslim. Saya mendapatkan banyak cinta dari orang-orang yang ingin melihat saya sukses.” 

Di luar ring, Khan memimpin dengan memberi contoh, menjadikan kesuksesannya di dalamnya sebagai komoditas berharga yang lebih dari sekadar dolar dan pound. Dia ingin upaya amalnya terlihat sejelas mungkin, dan dia ingin kotak sabunnya memiliki jangkauan yang luas.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut