get app
inews
Aa Read Next : Pendeta Gilbert Lumoindong Dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Singgung Soal Zakat

Kisah Amir Khan, Perjuangan Petinju Muslim yang Ingin Tunjukkan Wajah Islam di Amerika Serikat

Sabtu, 19 Februari 2022 | 11:24 WIB
header img
Kisah Amir Khan, Perjuangan Petinju Muslim yang Ingin Tunjukkan Wajah Islam Sesungguhnya di Amerika (Foto: The Sun)

Tapi tidak seperti Ali, yang berdiri di garis depan kontroversi, Khan ingin menjauh dari politik dan fokus pada pekerjaan amal. Bagi Khan, menunjukkan apa artinya menjadi seorang Muslim yang baik dimulai dari tempat yang sederhana. Itu dimulai dengan menunjukkan bahwa dia adalah orang yang baik. 

Pertarungan Khan pada 7 Mei di T-Mobile Arena di Las Vegas melawan juara kelas menengah yang sangat disukai, Saul ''Canelo'' Alvarez. Kala itu, dia melawan Canelo sebagai underdog untuk pertama kalinya dalam karier tinju profesionalnya dalam apa yang dijanjikan sebagai acara tinju yang paling dinanti tahun ini hingga saat ini. 

Penggemar Khan, yang berjumlah 1,4 juta di Instagram, mengatakan nama-nama besar olahraga itu, seperti Floyd Mayweather dan Manny Pacquiao, telah menghindarinya. Para penentang memperdebatkan validitasnya sebagai petarung elite karena dia belum membuktikan dirinya melawan petinju terbaik.

Lahir di Inggris dari keluarga Pakistan, Khan menjadi terkenal di Inggris ketika ia memenangkan medali perak di Olimpiade Athena 2004 saat berusia 17 tahun. Dia telah melalui tantangan sebagai seorang profesional, menghadapi banyak yang terbaik di kelas berat 140 dan 147 pon—termasuk kemenangan atas Zab Judah dan Marcos Maidana. 

Kembali ke rumah di Inggris, di mana tinju adalah salah satu olahraga yang lebih populer, Khan menjadi sorotan. Popularitasnya telah membuatnya mendapatkan teman di tempat yang tinggi. Setelah ditolak visanya untuk bepergian ke Amerika Serikat pada peringatan serangan teroris 9/11, Khan menelepon Perdana Menteri Inggris David Cameron untuk meminta bantuan.

Kepala pemerintahan bernegosiasi dengan pejabat imigrasi bandara atas nama Khan untuk menyelesaikan masalah ini. Dia naik pesawat beberapa menit kemudian. Tahun lalu, Pangeran Charles mengunjungi proyek National Citizen Service (yang memberikan kesempatan kepada remaja Inggris untuk bekerja secara sukarela di komunitas di seluruh Inggris) karena ''King'' Khan adalah sponsor utamanya. 

Sama seperti AS yang melihat Stephen Curry bermain golf dengan Obama, Inggris mendapat kejutan dari Pangeran Charles dan Khan yang berbagi cerita cedera olahraga. Bleacherreport menuliskan, terlepas dari status megabintang di negara asalnya, Khan memilih untuk bertarung di AS karena "ini adalah tempat kelahiran tinju," kata Khan. ''Aku bisa kembali ke rumah. Tapi saya ingin menjadi bintang di Amerika Serikat.''

Khan Army, fanbase fanatik yang dipimpin oleh teman masa kecil Khan, Majid Dad, menunjukkan kekaguman tanpa syarat untuk Amir, seperti yang diamati petinju selama pertarungan terakhirnya di New York. 

''Saya bertarung di New York di mana serangan teroris 9/11 terjadi, dan semua orang takut berada di sekitar Muslim, tetapi saya memenuhi stadion,” kata Khan. ''Barclay Center penuh selama pertarungan terakhir saya [melawan Chris Algieri pada Mei 2015]. Ada orang Muslim, Inggris, dan Amerika duduk bersama. Saya menyatukan orang melalui tinju. Saya memiliki orang-orang yang mendukung saya di seluruh dunia.”

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut