get app
inews
Aa Read Next : PLN Icon Plus Sabet Puluhan Penghargaan di Ajang The Best Contact Center Indonesia 2024

PLN Icon Plus Tawarkan Solusi Smart Monitoring untuk Kawasan Industri

Kamis, 26 September 2024 | 19:04 WIB
header img
PLN Icon Plus meluncurkan layanan Smart and Green Solution. Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id- PLN Icon Plus meluncurkan layanan Smart and Green Solution. Layanan ini menawarkan paket smart monitoring sebagai solusi andal bagi pengelola kawasan industri

Vice President Pemasaran PLN Icon Plus, Wahyu Haris Kusuma Atmaja mengatakan, kemajuan teknologi telah membawa perubahan signifikan di berbagai sektor, termasuk kawasan industri. 

Dengan pemanfaatan teknologi canggih, pengelolaan kawasan industri kini dapat melakukan monitoring aset dengan lebih mudah dan efisien. 

Perubahan ini tidak hanya meningkatkan efektivitas operasional, tetapi juga berkontribusi pada terciptanya lingkungan yang lebih ramah dan berkelanjutan. Transformasi ini merupakan bagian dari upaya menciptakan industri yang lebih modern dan adaptif terhadap tantangan zaman.

"Dengan mengusung konsep pemasaran yang berfokus pada industrial green tech, paket ini menawarkan layanan yang tidak hanya canggih secara teknologi, tetapi juga ramah lingkungan," kata Wahyu dalam siaran tertulis pada Kamis (26/9/2024). 

Menurut dia, paket smart monitoring dari PLN Icon Plus dirancang untuk memfasilitasi pengelola kawasan industri dalam memantau aset mereka secara menyeluruh. 

Aset yang dapat dimonitor mencakup berbagai fasilitas yang ada di dalam kawasan industri, serta aset di ruang kantor pengelola. 

Dengan kemampuan monitoring yang komprehensif ini, pengelola kawasan industri dapat memastikan bahwa semua aset mereka berfungsi dengan optimal dan sesuai dengan standar yang diharapkan, sekaligus menjaga keberlanjutan lingkungan.

"Teknologi yang ditawarkan dalam paket smart monitoring ini adalah Smart PJU, IoT Water, IoT AC, IoT Asset Inventory, dan Command Center. Setiap teknologi ini berperan penting dalam memastikan pengelolaan aset yang lebih efektif dan efisien,"ujarnya. 

Misalnya, Smart PJU memungkinkan pengaturan pencahayaan publik yang lebih hemat energi, sementara IoT Water dan IoT AC memberikan kontrol yang lebih baik atas penggunaan air dan pendingin udara, yang berdampak langsung pada efisiensi sumber daya. 

Command Center, di sisi lain, berfungsi sebagai pusat kendali yang memungkinkan pengelola kawasan industri untuk memantau dan mengelola semua aspek operasional dari satu titik.

Dia menuturkan, PLN Icon Plus sebagai mitra terpercaya dari tenant dan pengelola kawasan industri dalam menjalankan bisnis yang mengedepankan environmental, social, dan governance dengan dukungan layanan konektivitas, digital platform, dan transisi energi yang terintegrasi satu sama lain yang memberikan nilai tambah bagi efisiensi bisnis, pemanfaatan energi, harmonisasi dengan lingkungan, dan efektivitas bisnis yang mendukung agresifitas bisnis. 

"Pengalaman kami men-delivery layanan energi, konektivitas, dan digital di IKN merupakan pengalaman yang dapat kami bagikan bagi Anda pelanggan kami yang utama,” tuturnya.

Melalui penerapan teknologi-teknologi ini, lanjut dia, PLN Icon Plus tidak hanya membantu kawasan industri dalam meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga dalam mencapai target keberlanjutan. 

Dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan, pengelola kawasan industri dapat berkontribusi pada pengurangan jejak karbon dan dampak lingkungan negatif, sambil meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya. "Ini adalah langkah penting menuju masa depan industri yang lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab,"ucapnya. 
 

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut