get app
inews
Aa Read Next : Terinspirasi Tri Sakti Bung Karno, M2 Mantap Maju Pilkada Kota Bekasi

Makan Sahur, Bung Karno dan Bung Hatta Santap Makanan Ini saat Ramadan 1364 Hijriah

Sabtu, 02 April 2022 | 08:07 WIB
header img
SAHUR saat Ramadan 1364 Hijriah atau bertepatan dengan Agustus 1945 saat itu Bung Karno dan Bung Hatta berada di rumah Shoso atau Laksamana Muda (Laksda) Tadashi Maeda. (Foto: IST/Dok)

SAHUR saat Ramadan 1364 Hijriah atau bertepatan dengan Agustus 1945 saat itu Bung Karno dan Bung Hatta berada di rumah Shoso atau Laksamana Muda (Laksda) Tadashi Maeda, seorang perwira tinggi Kaigun (Angkatan Laut) Jepang yang bersimpati dengan upaya kemerdekaan Indonesia.

Lantas apa menu sahur yang disantap Bung Karno dan Bung Hatta saat itu?

Pada malam itu Bung Karno, Bung Hatta dan  Achmad Soebardjo baru saja "lembur" merampungkan Teks Prokalmasi di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda.

Teks Proklamasi yang semalaman dipikirkan untuk kemudian dituliskan Bung Karno lantas diketik Sayuti Melik, di rumah Laksda Tadashi Maeda.


Bung Hatta (foto: ist)

Rumah Maeda yang jadi “safe house” pasca-sejumlah kejadian teror pemuda hingga “penculikan” Rengasdengklok yang kini, sudah beralih fungsi menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Jakarta Pusat.

Di sebuah ruang besar di salah satu sudut rumah Maeda itu, Soekarno-Hatta dan Soebardjo berpikir keras bersilang pendapat dalam menyusun teks proklamasi. Apa yang mereka kerjakan menentukan arah bangsa Indonesia pascamerdeka.

Sementara para pemuda lainnya yang menunggu di ruang tamu, sembari menghitung waktu sampai memasuki waktu makan sahur. Baru sekira lewat pukul 04.00 WIB subuh, teks proklamasi diselesaikan.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut