get app
inews
Aa Read Next : 9 PSK di Tambun Selatan dan Serang Baru Terjaring Razia Satpol PP

Viral Pemeriksaan Peserta Tes CPNS Dengan Meraba Bagian Sensitif di Depok

Minggu, 03 Oktober 2021 | 20:41 WIB
header img
Viral Pemeriksaan Peserta Tes CPNS Dengan Cara Meraba Bagian Sensitif di Depok (Foto: Ilustrasi/Antara).

DEPOK, iNews.id - Kini beredar video viral diduga meraba bagian sensitif oleh anggota Satpol PP Kota Depok, Jawa Barat..

Kepala Satpol PP Depok, Lienda Ratnanurdianny angkat bicara adanya video viral pemeriksaan peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) diduga menyentuh bagian sensitif oleh anggota Satpol PP itu.

Lienda menyebut pemeriksaan tersebut sebagai langkah preventif petugas untuk menghindari adanya kecurangan. 

"Betul, cek body dilakukan sebagai salah upaya preventif terjadinya kecurangan.  Diharapkan test ini bisa berjalan dengan asas kejujuran atau fairnes," kata Lienda di Depok, Minggu (3/10/2021). 

Lebih lanjut dia menyampaikan, pemeriksaan tubuh tersebut memang telah dicantumkan dalam syarat mengikuti tes dasar seleksi CPNS. 

Dalam syarat dijelaskan jika dalam pengecekan metal detector mendeteksi barang mencurigakan maka akan dilakukan cek dengan meraba. 

"Apabila bunyi alatnya akan dilakukan cek dengan meraba, bunyinya apakah dari kalung sekitar leher, gelang, atau korset, dan bahan metal lainnya," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan dari keterangan para petugas di lapangan, sebagian besar peserta membawa barang yang memicu metal detector yang berbunyi sehingga harus dilakukan check body dengan meraba. 

"Diharapkan jangan sampai ada alat yang bisa dilakukan untuk berbuat curang. Ini bentuk kewaspadaan adanya high teknologi," tuturnya. 

Sebelumnya, video viral tersebut memperlihatkan dua anggota Sapol PP tengah memeriksa setiap peserta yang hendak mengikuti tes. 

Satu persatu calon ASN diperiksa menggunakan metal detektor dan dengan cara meraba menggunakan tangan. 

Seleksi kompetensi dasar calon ASN Kota Depok ini digelar di Gedung Balai Rakyat, Jalan Merdeka, Kecamatan Sukmajaya. Seleksi akan digelar selama lima hari dengan ribuan peserta.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut