get app
inews
Aa Read Next : Perseteruan Dewi Perssik dan Ketua RT soal Sapi Kurban Berujung Damai

Bolehkah Menjual Kulit Hewan Kurban? Begini Hukumnya Menurut Syariat Islam

Kamis, 30 Juni 2022 | 12:30 WIB
header img
Ilustrasi hukum menjual kulit hewan kurban. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Tak lama lagi umat Muslim menyembelih hewan kurban di hari raya Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi. Akan tetapi, timbul banyak pertanyaan soal ibadah berpahala besar itu, terutama bagaimana hukum menjual kulit hewan kurban? Apakah diperbolehkan atau dilarang?

Dikutip dari Muhammadiyah.or.id, dijelaskan di antara hadis yang berkaitan dengan kulit hewan kurban yaitu: "Sulaiman Ibn Musa berkata: Zubaid telah menceritakan kepadaku bahwa Abu Sa‘id al-Khudri telah mendatangi keluarganya, kemudian ia mendapati semangkok besar dendeng dari daging kurban dan ia tidak mau makan dendeng tersebut.

Lalu Abu Sa'id al-Khudri mendatangi Qatadah Ibn Nu'man dan menceritakannya bahwa Nabi Shallallahu alaihi wassallam bersabda: Sungguh aku telah memerintahkan agar tidak makan (daging) hewan kurban lebih dari tiga hari agar mencukupi kamu sekalian, dan sekarang aku membolehkan kamu akan hal itu.

Oleh karena itu, makanlah bagian dari kurban tersebut yang kamu sukai, janganlah kamu menjual daging al-hadyu (daging hewan dam) dan daging hewan kurban. Makanlah, sedekahkanlah, manfaatkan kulit hewan kurban itu, dan jangan kamu menjualnya." (HR Ahmad)

Ada pula hadis yang berbunyi: "Diriwayatkan dari ‘Ali Ibn Abi Thalib radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam memerintahkan kepadaku untuk mengurus unta kurban dari beliau, agar aku membagikan dagingnya, kulitnya, dan perlengkapan unta itu kepada orang-orang miskin; serta tidak memberikan sedikit pun untuk upah penyembelihannya." (Muttafaq ‘alaih)

Terhadap larangan menjual kulit hewan kurban sebagaimana disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, para ulama di antaranya Al-Auza‘i, Ahmad Abu Tsaur, dan juga mazhab Syafi'i mengatakan bahwa dibolehklan menjual kulit hewan kurban sepanjang hasil penjualan itu ditasharufkan untuk kepentingan kurban (Muhammad Asy-Syaukani, Nailul Authar, Juz III, halaman 202).

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut