get app
inews
Aa Read Next : Sering Minum Air Dingin Bisa Bikin Ginjal Rusak, Mitos atau Fakta?

Pertama di Dunia, Ahli Bedah Amerika Berhasil Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia

Jum'at, 22 Oktober 2021 | 11:17 WIB
header img
Tim dokter melakukan transplantasi ginjal babi ke manusia di AS. (Foto: REUTERS)

Dengan keberhasilan ini, United Network for Organ Sharing memiliki harapan di masa depan. Apalagi, di Amerika Serikat, hampir 107.000 orang menunggu transplantasi organ, termasuk lebih dari 90.000 untuk ginjal yang waktu tunggunya tiga hingga lima tahun lamanya.

Sementara itu, dalam laporan tersebut diterangkan jika babi yang diubah secara genetik dijuluki dengan GalSafe dikembangkan anak perusahaan Revivicor United Therapeutics.

Hewan-hewan tersebut secara alamiah ternyata kekurangan gen yang menghasilkan alpha-gal atau gula yang memicu serangan langsung dari sistem kekebalan manusia.

Pada Desember tahun lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah menyetujui perubahan gen pada babi sehingga jauh lebih aman untuk dikonsumsi manusia sebagai makanan maupun obat-obatan.

FDA mengatakan, produk medis yang dikembangkan dari babi GalSafe masih memerlukan persetujuan khusus dari FDA itu sendiri sebelum digunakan pada manusia.

"Ini adalah langkah maju yang penting dalam mewujudkan janji xenotransplantasi yang akan menyelamatkan ribuan nyawa setiap tahun dalam waktu yang tak terlalu lama," kata CEO United Therapeutics Martine Rothblatt dalam keterangan resminya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut