get app
inews
Aa Read Next : Begini Kondisi Rumah Abah Jajang Usai Viral dan Diserbu Para Pengunjung

Warga Resah, Karawang Dirumorkan Jadi Tempat Pembuangan Limbah Nuklir

Selasa, 09 November 2021 | 12:10 WIB
header img
Kepala DLHK Karawang, Wawan Setiawan. (Foto: SINDONews/Adi Haryanto)

KARAWANG, iNews.id - Warga masyarakat di Kabupaten Karawang, Jawa Barat resah dengan beredarnya kabar bahwa wilayahnya akan menjadi tempat pembuangan limbah nuklir.

Kabar itu merebak seiring rencana PT. Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLi) membuka lahan seluas 64 hektar di Desa Karanganyar Kecamatan Klari untuk pengolahan limbah B3. Lahan seluas itu akan dijadikan 'kuburan' limbah yang telah diolah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang (DLHK), Wawan Setiawan, mengatakan memang sudah banyak pihak menanyakan rencana PT. PPLi membangun pusat pembuangan limbah di Karawang. Isunya Karawang akan dijadikan tempat pembuangan limbah nuklir.

"Yang kami dengar itu untuk pengolahan limbah B3 seperti limbah industri. Mereka membangun instalasi pengolahan limbah di Karawang karena lahan PPLi di Kabupaten Bogor sudah hampir penuh," ujar Wawan, Selasa (9/11/21).

Wawan mengaku DLHK Karawang sudah diundang langsung pihak PPLi untuk membicarakan hal itu. Dari hasil pembicaraan awal, lahan yang dibutuhkan seluas 64 Hektare. Nantinya di lokasi itu bakal dibangun instalasi pengolahan limbah. Sisa-sisa limbah yang sudah diolah kemudian akan dikubur di lokasi yang sama.

Wawan mengatakan, nantinya kuburan limbah, akan dibangun 6 lapis filter agar sisa-sisa limbah tidak mencemari lingkungan sekitar. Setelah kuburan limbah penuh, permukaannya bakal ditutup baja yang dilas rapat-rapat.

Editor : Aditya Nur Kahfi

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut