get app
inews
Aa
Read Next : Kuasa Hukum Galumbang Sebut Proyek BTS 4G Alami Kenaikan Biaya karena Faktor Geografis

Deretan Daerah yang Punya Suhu Terdingin di Indonesia, Ada Berastagi hingga Baturaden

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:58 WIB
header img
Daerah terdingin di Indonesia (Foto: Setda Puncakjaya Kab)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Terdapat sejumlah daerah terdingin di Tanah Air yang mungkin belum Anda ketahui. Dikenal sebagai wilayah beriklim tropis, Indonesia rupanya mempunyai daerah bersuhu dingin.

Terletak di ekuator, tak dipungkiri kebanyakan wilayah di Indonesia identik dengan udara yang cenderung panas. Namun beberapa daerah yang berada di dataran tinggi tentu memiliki suhu yang jauh lebih rendah. Sehingga, hal itu membuatnya menjadi lebih dingin dariapda daerah lain.

Kondisi lingkungan atau alam yang masih terjaga juga berpengaruh terhadap suhu dingin suatu daerah. Semakin terjaga atau belum dijamah banyak orang, tentu daerah tersebut akan lebih sejuk dan dingin.

Lantas mana saja daerah terdingin di Indonesia? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah daerah yang memiliki suhu terdingin di Indonesia.

Daerah yang Punya Suhu Terdingin di Indonesia

1. Mulia, Papua 

Kota Mulia di Kabupaten Puncak Jayawijaya, Provinsi Papua, memiliki suhu yang terbilang cukup dingin di Indonesia. Bahkan, hawa dingin di wilayah ini dapat mencapai hingga 9 derajat celcius.

2. Waghete, Papua 

Masih di Papua, Kota Waghete yang terletak di Kabupaten Deiya juga menjadi salah satu daerah terdingin di Indonesia. Hal itu karena suhu d9 kota ini pada siang hari biasa dapat mencapai 15 derajat celcius. Di malam hari, suhu di kota Waghete bahkan bisa mencapai 10 derajat celcius. 

3. Mamasa, Sulawesi Barat

Beralih ke Sulawesi Barat, terdapat kota Mamasa yang menjadi salah satu daerah yang memiliki suhu terdingin. Berada di ketinggian 1.900 mdpl, Kota Mamasa tak cuma menyuguhkan pemandangan yang indah. Kota ini menyuguhkan hawa sejuk dengan suhu rata-rata 23 derajat celcius.

4. Berastagi, Sumatera Utara 

Berastagi adalah daerah yang terletak di antara Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Kota ini masuk wilayah administrasi Kabupaten Karo dan berada di ketinggian 1.300 mdpl. Suhu udara rata-rata di sini sering berada di bawah 20 derajat celcius. 

5. Ruteng, NTT 

Ruteng merupakan kota di Nusa Tenggara Timur (NTT)  yang sering disebut sebagai Praha dari Indonesia. Kota yang memiliki desain bangunan yang modern dan pemandangan yang indah ini terletak di ketinggian 1.200 mdpl. Suhu rata-rata harian di kota ini berkisar sekitar 25 derajat celcius. Namun, suhu terdingin di Ruteng pernah mencapai 10 derajat celcius.

6. Batu, Jawa Timur 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut