get app
inews
Aa Read Next : Kuasa Hukum Galumbang Sebut Proyek BTS 4G Alami Kenaikan Biaya karena Faktor Geografis

Deretan Daerah yang Punya Suhu Terdingin di Indonesia, Ada Berastagi hingga Baturaden

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:58 WIB
header img
Daerah terdingin di Indonesia (Foto: Setda Puncakjaya Kab)

Kota Batu Jawa Timur menjadi tempat yang cukup populer di Indonesia. Berada di ketinggian 700 hingga 1.700 mdpl, Kota Batu memiliki suhu udara harian yang sejuk. Tak heran jika tempat ini menjadi destinasi wisata sejak zaman Hindia Belanda. Suhu rata-rata di  Batu berkisar antara 12 hingga 19 derajat celcius. Oleh orang-orang Belanda jaman dulu, Kota Batu dijuluki sebagai de Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil. 

7. Gayo Lues, Aceh 

Kabupaten Gayo Lues terletak di ketinggian 1.000 mdpl. Menjadi wilayah jalur pendakian Gunung Leuser, Gayo tak hanya terkenal dengan kopinya saja. Suhu di daerah ini juga terbilang dingin karena rata-rata di hari normal saja berada di 24 derajat celcius. 

8. Ciwidey, Bandung 

Kawasan Ciwidey terletak di Bandung, Jawa Barat. Wilayah ini berada di ketinggian 1.200 mdpl dan terkenal dengan suhu yang dingin. Ciwidey memiliki tempat wisata Kawah Putihnya. Baik di pagi, siang, maupun malam hari, suhu udara di Ciwidey tetap dingin dan pernah mencapai 13 derajat celcius. 

9. Baturaden, Jawa Tengah

Baturaden merupakan daerah yang terletak di kaki Gunung Slamet dengan ketinggian 980 mdpl. Baturaden menjadi daerah wisata karena pemandangan alam yang indah dan memiliki suhu sejuk. Suhu rata-ratanya berkisar antara 20 - 28 derajat celcius. 

10. Padang Panjang, Sumatera Barat 

Padang Panjang merupakan salah satu kota di Sumatera Barat yang memiliki suhu dingin. Pasalnya, daerah ini dikelilingi oleh wilayah pegunungan seperti Gunung Singgalang, Merapi, dan Tandikat.  Kota ini terletak di ketinggian hingga 950 mdpl. Suhu rata-rata di siang harinya berkisar antara 23-26 derajat celcius.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut