get app
inews
Aa Read Next : Daftar Negara yang Tolak TikTok Harus Kamu Ketahui, Yuk Cari Tahu Alasannya

Resesi Seks Landa Kaum Muda China, Angka Kelahiran Menurun Tajam

Kamis, 25 November 2021 | 11:16 WIB
header img
Resesi seks saat ini tengah dialami China.  Pada konteks hubungan seks kaum mudanya lebih sedikit melakukan dibandingkan era masa lalu. (Foto: Gatty Image)

JAKARTA,iNews.id – Resesi seks saat ini tengah dialami China.  Pada konteks hubungan seks kaum mudanya lebih sedikit melakukan dibandingkan era masa lalu. 

Media pemerintah China Global Times melaporkan bahwa negara itu mencatat angka kelahiran terendahnya sejak 1978 dengan 8,52 kelahiran per 1.000 orang. 

Hal itu akibat dari resesi seks hingga enyebabkan penurunan tajam angka kelahiran. 

Media pemerintah China Global Times melaporkan bahwa negara itu mencatat angka kelahiran terendahnya sejak 1978 dengan 8,52 kelahiran per 1.000 orang. 

China juga mencatat bahwa tingkat kematian di China tahun lalu adalah 7,07 per 1.000 orang. Ini berarti laju pertumbuhan alami penduduk China berada pada rekor terendah dalam 43 tahun di angka 1,45. 

Angka pertumbuhan alami ini juga jauh lebih rendah dari 3,32 yang tercatat pada 2019. 

Selain karena “resesi seks”, penurunan tajam angka kelahiran ini diduga juga terjadi karena berkurangnya jumlah wanita usia subur, dan dampak Covid-19. Menurut data sensus yang dirilis oleh Pemerintah China pada musim semi, 12 juta bayi lahir pada tahun 2020, jumlah terendah sejak 1961. 

Dengan penduduk berusia 60 tahun ke atas tercatat sebanyak 18,8% dari 1,4 miliar penduduk, China menghadapi masalah utama populasi yang menua, demikian diwartakan Reuters.

Pihak berwenang China mengakui bahwa semakin banyak warganya, dari semua kelompok etnis, memilih menikah terlambat dan memiliki keluarga karena alasan ekonomi dan pendidikan. Tercatat penurunan jumlah pernikahan hingga 17,5 persen pada tiga kuartal pertama 2021 dibandingkan tahun lalu. 

Untuk mengatasi masalah ini, China pada Mei mengumumkan mencabut kebijakan keluarga berencana untuk mengizinkan setiap pasangan memiliki hingga tiga anak. 

Ini merupakan perubahan besar pada kebijakan pemerintah yang sebelumya membatasi hanya dua anak per keluarga. 

Direktur Pusat Penelitian dan Pengembangan Populasi China, He Dan awal tahun ini mengatakan bahwa 10 tahun ke depan akan menjadi titik balik penting bagi populasi China. Dia menyebut negara itu mungkin memasuki pertumbuhan populasi negatif.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut