get app
inews
Aa Read Next : Ini Daftar Pengusaha yang Sawer Rp23 Miliar untuk Timnas U-23

Cerita Hijrah Untung Putro, Pengusaha yang Terbebas dari Riba dan Utang Miliaran Gegara Kartu Kredit

Kamis, 17 November 2022 | 11:38 WIB
header img
Cerita hijrah pengusaha Untung Putro. (Foto: YouTube Kasisolusi)

Akhirnya Untung Putro bisa keluar dari jeratan utangnya itu. Bahkan kini dirinya menjadi salah seorang pegiat "Anti-Riba".

Dia mengedukasi setiap orang agar lebih jeli sehingga terhindar dari dosa riba yang akan membuat makin kesulitan dan banyak utang.

Sementara itu di dalam Alquran sendiri sudah jelas diterangkan akan bahaya riba. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لا يَقُومُونَ إِلا كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا فَمَنْ جَاءَهُ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّهِ فَانْتَهَى فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللَّهِ وَمَنْ عَادَ فَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Artinya: "Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, disebabkan mereka berkata (berpendapat): Sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.

Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya." (QS Al Baqarah (2): 275).

Wallahu a'lam bisshawab.

Artikel ini telah terbit di Okezone dengan judul "Kisah Hijrah Pengusaha Untung Putro Bebas dari Riba dan Utang Miliaran Gara-Gara Dulu Punya 12 Kartu Kredit".

Editor : Iman Ridhwan Syah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut