get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Agus Narayana Tiwikrama, dari Atlet Voli hingga Abang None Jakarta

Cerita Hijrah Untung Putro, Pengusaha yang Terbebas dari Riba dan Utang Miliaran Gegara Kartu Kredit

Kamis, 17 November 2022 | 11:38 WIB
header img
Cerita hijrah pengusaha Untung Putro. (Foto: YouTube Kasisolusi)

Cerita Hijrah Untung Putro, Pengusaha yang Terbebas dari Riba dan Utang Miliaran Gegara Pakai 12 Kartu Kredit

Untung Putro adalah salah satu pengusaha sukses Indonesia, dia menceritakan kisahkan ketika bisa terbebas dari jeratan dosa riba.

Kala itu dia memiliki 12 kartu kredit, utang kepada sejumlah teman, hingga membuatnya harus menanggung utang piutang mencapai Rp1,7 miliar.

Awalnya Untung Putro bekerja di salah satu perusahaan BUMN. Saat itulah dia diperkenalkan dengan kartu kredit yang mulanya digunakan untuk keperluan dinas luar kota.

"Dikasih kartu kredit. Nanti bayar apa pun saat dinas pakai itu. Terus di-reimburse," ujar Untung Putro, dikutip dari channel YouTube Kasisolusi, Kamis (17/11/2022).

Lama-kelamaan Untung menggunakan kartu kredit itu untuk berwirausaha. dia merasa hasil penjualannya menguntungkan, bisa membayar angsuran beserta bunga kartu kredit tersebut.

Lalu perlahan selama kurun waktu 3 tahun, dia memiliki 12 kartu kredit, karena tergoda dan dipermudah proses pengajuannya oleh pihak bank.

Hal ini dikarenakan dia bekerja di BUMN yang notabenenya semua bank sangat bersemangat memiliki nasabah karyawan yang bekerja di perusahaan milik negara itu.

"Jadi bank-bank ngasih kartu kredit secara cuma-cuma tanpa survei. Dari 12 kartu kredit, per kartunya limitnya bisa sampai Rp80 juta," ungkap Untung.

Hingga akhirnya Untung merasa terus terlena dengan penggunaan semua kartu kredit itu. Meski begitu, dia merasa aneh karena masih harus mencari pinjaman uang lainnya kepada sejumlah temannya untuk menutupi semua pembayaran kartu kreditnya itu.

Sadar terjebak dan mulai mengenal dosa riba, Untung perlahan-lahan mulai meninggalkan semua kartu kredit itu.

Meskipun sudah terlepas, ternyata dia masih harus membayar biaya bulanannya. Kemudian mengangsur semua utang kepada teman-temannya yang jumlahnya sangat besar.

Editor : Iman Ridhwan Syah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut