get app
inews
Aa Read Next : NASA Klaim Manusia Sudah Bisa Hidup di Bulan dalam Waktu Dekat

Deretan Astronot Muslim yang Sukses Menjelajah Luar Angkasa, Salah Satunya dari Negara Tetangga

Kamis, 05 Januari 2023 | 13:05 WIB
header img
Astronot Muslim yang Sukses Menjelajah Luar Angkasa, Salah Satunya Sheikh Muszaphar Shukor dari Malaysia. Foto: ist

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Deretan Astronot Muslim yang sukses menjelajah luar angkasa menarik untuk diulas.

Diketahui, terdapat 574 astronot dari 41 negara yang sudah diberangkatkan sejak pertama kali eksplorasi luar angkasa dilakukan. Di mana dari jumlah astronot tersebut, 11 orang di antaranya merupakan Muslim.

Lantas, siapa saja astronot Muslim yang sukses menjelajah luar angkasa? Berikut informasinya, sebagaimana iNewsBekasi.id himpun dari Okezone.

Astronot Muslim yang Sukses Menjelajah Luar Angkasa

1. Salizhan Sharipov (Rusia)

Salizhan telah mengunjungi luar angkasa sebanyak dua kali dalam misi terpisah. Pertama pada tahun 1998 dan yang kedua dilakukan pada tahun 2004. Di luar angksa Salizhan menghabiskan waktu selama 201 hari.

Salizhan telah menjadi bagian dari kru yang mengirimkan perangkat keras dan perangkat lunak ke stasiun luar angkasa dan telah melakukan beberapa percobaan untuk Program Luar Angkasa Rusia.  

2. Sultan bin Salman Al Saud (Arab Saudi)

Sultan bin Salman Al Saud merupakan Muslim dan Arab pertama yang mengunjungi ruang angkasa pada tahun 1985 sebagai spesialis muatan. Spesialis muatan adalah astronot yang dilatih untuk mengoperasikan dan melakukan eksperimen pada misi ilmiah tertentu.

3. Hazza al-Mansoori (United Arab Emirates)

Dimulai sebagai pilot pesawat tempur untuk Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab, pada September 2019, Hazza Al Mansoori diterbangkan ke luar angkasa sebagai astronot dengan penerbangan luar angkasa Soyuz MS-15.

Dia meluncur dalam perjalanan enam jam ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Hazza menjalankan misi di ISS selam delapan hari. Ada banyak misi yang dilakukan salah satunya adalah mengambil foto Kakbah dari luar angkasa.

4. Aidyn Aimbetov (Kazakhstan)

Aidyn Aimbetov merupakan astronot Muslim yang menjelajah ke luar angkasa pada 2 September 2015 dengan Soyuz TMA-18M. Dia melakukan pemantauan lingkungan dan geofisika di area kritis ekologis di Kazakhstan.

Misi Aidyn berlangsung selama sepuluh hari. Ketika ditanya tentang pengalamannya berada di luar angkasa, ia berkata melihat bintang jatuh yang begitu dekat menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

5. Anousheh Ansari (Iran)

Anousheh adalah wanita Muslim pertama yang menjelajahi alam semesta, sekaligus menjadi satu-satunya orang Iran yang berhasil ke luar angksa. Anousheh awalnya hanya tim cadangan namun ditugaskan menjadi tim utama.

Ini karena salah satu anggota kru utama gagal berangkat karena alasan medis. Anousheh pun membuktikan bahwa siapapun mungkin untuk mewujudkan mimpi meskipun setinggi langit asal ada niat dan terus berusaha.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut