get app
inews
Aa Read Next : NASA Klaim Manusia Sudah Bisa Hidup di Bulan dalam Waktu Dekat

Deretan Astronot Muslim yang Sukses Menjelajah Luar Angkasa, Salah Satunya dari Negara Tetangga

Kamis, 05 Januari 2023 | 13:05 WIB
header img
Astronot Muslim yang Sukses Menjelajah Luar Angkasa, Salah Satunya Sheikh Muszaphar Shukor dari Malaysia. Foto: ist

6. Sheikh Muszaphar Shukor (Malaysia)

Sheikh Muszaphar Shukor adalah orang pertama Malaysia yang menjelajah ke luar angkasa untuk misi sepuluh hari di ISS. Di sana ia melakukan eksperimen yang berkaitan dengan karakteristik dan pertumbuhan sel kanker hati dan leukemia.

Perjalanannya bertepatan dengan Shahr Ramadhan yang membuatnya menjadi Muslim pertama yang berpuasa dan merayakan Idul Fitri di luar angkasa. Shukor juga mendemonstrasikan bagaimana dia holat di luar angkasa.  

7. Toktar Aubakirov (Kazakhstan)

Toktar adalah orang pertama Kazakhstan yang memasuki luar angkasa. Dia adalah seorang pilot penguji yang pergi ke luar angkasa selama delapan hari atas nama Uni Soviet, tepat sebelum keruntuhannya.

8. Talgat Musabayev (Kazakhstan)

Talgat telah melalui 15 hari kurang dari setahun di luar angkasa dalam tiga misi berbeda. Ia bertanggung jawab memantau dan memelihara sistem pesawat ruang angkasa dan statistik vital.

Talgat wajib memeriksa status sistem kapal, melakukan eksperimen atau tugas perawatan, dan membantu mengoperasikan kendali kapal selama manuver. Jika terjadi keadaan darurat, dialah yang paling bertanggung jawab.

8.  Toktar Aubakirov (Kazakhstan)

Toktar adalah orang pertama Kazakhstan yang memasuki luar angkasa. Dia adalah seorang pilot penguji yang pergi ke luar angkasa selama delapan hari atas nama Uni Soviet, tepat sebelum keruntuhannya.

9. Abdul Ahad Mohmand (Afghanistan)

Selama sembilan hari tinggal di stasiun ruang angkasa Mir, Momand mengambil foto negaranya, berpartisipasi dalam eksperimen astrofisika, medis, dan biologi. Ia juga mentraktir krunya dengan teh tradisional Afghanistan di luar angkasa.

10. Musa Manarov (Azerbaijan)

Musa melalui 541 hari yang luar biasa di luar angkasa dalam dua misi berbeda. Ada banyak sekali kegiatan yang dia lakukan di luar angkasa, termasuk berjalan di luar angkasa selama kurang lebih 20 jam.

11. Mohammad Faris (Suriah)

Faris adalah Muslim kedua dan Suriah pertama yang pergi ke luar angkasa. Dia tercatat sebagai orang pertama yang membawa tanah Bumi ke luar angkasa, dan merupakan tanah dari Damaskus.

Wallahu a'lam bisshawab.  

Artikel ini telah terbit di Okezone dengan judul "11 Astronot Muslim Sukses Menjelajah Luar Angkasa, Ada yang Jalankan Misi Memotret Kakbah".

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut