get app
inews
Aa Read Next : 10 Sebab Dihapusnya Dosa dan Kesalahan oleh Allah Ta'ala 

Ternyata Inilah Makhluk yang Tidak Mati ketika Sangkakala Ditiup di Hari Kiamat

Senin, 06 Februari 2023 | 09:34 WIB
header img
Ilustrasi Makhluk yang Tidak Mati ketika Sangkakala Ditiup di Hari Kiamat. Foto: Freepik

Selain itu, ada beberapa pendapat lainnya soal siapa makhluk yang masih hidup ketika sangkakala ditiup. Menurut penjelasan dalam buku "Dahsyatnya Hari Kiamat" karya Ibnu Katsir, pada tiupan pertama (nafkhatush sha'aqi) akan ada getaran yang hebat sebagai tanda kehidupan di dunia berakhir.

Selanjutnya saat itu mereka yang dikecualikan sesuai bunyi Surat Az-Zumar Ayat 68 akan tetap hidup di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam keadaan diberi rezeki.

Siapa saja mereka? Pendapat pertama, ada yang menyebut bahwa mereka adalah Malaikat Jibril, Mikail, Israfil, dan Izrail.

Sementara pendapat kedua menyatakan malaikat pembawa Arsy, Jibril, Mikail, Israfil, dan malaikat mautlah yang tetap hidup usai tiupan pertama sangkakala.

Ada pendapat ketiga yang menyatakan bahwa mereka yang masih hidup saat sangkakala ditiup adalah makhluk selain dari yang telah disebutkan.

Meski malaikat disebut sebagai makhluk yang terakhir mati pagi hari kiamat, terdapat juga dalil menjadikan bukti bahwa para malaikat juga termasuk makhluk Allah Subhanahu wa Ta'ala yang menemui kematian saat hari kiamat.

Hal tersebut sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:

وَلَا تَدْعُ مَعَ اللَّهِ إِلَٰهًا آخَرَ ۘ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۚ كُلُّ شَيْءٍ هَالِكٌ إِلَّا وَجْهَهُ ۚ لَهُ الْحُكْمُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Artinya: "Dan jangan (pula) engkau sembah tuhan yang lain selain Allah. Tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Segala sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Segala keputusan menjadi wewenang-Nya, dan hanya kepada-Nya kamu dikembalikan." (QS Al Qasas: 88)

Wallahu alam bishawab. 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut