get app
inews
Aa Read Next : Pj Bupati dan Wali Kota Bekasi Bahas Tukar Guling Aset

Rahmat Effendi Diduga Kerap Potong Tunjangan Lurah untuk Kepentingannya

Kamis, 27 Januari 2022 | 17:23 WIB
header img
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi ditangkap KPK (Foto: MPI)

JAKARTA. iNews.id - Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi (RE) diduga kerap memotong tunjangan para lurah untuk kepentingannya. Dugaan pemotongan itu pun lalu dikonfirmasi penyidik KPK terhadap lurah di Bekasi.

Hal tersebut terungkap usai penyidik memeriksa Lurah Telukpucung, Djunaidi Abdilah, Lurah Harapanbaru, Dian Anggraini, Lurah Margamulya, Makpudin. Sejumlah lurah di daerah Kecamatan Bekasi Utara tersebut dikonfirmasi terkait dugaan pemotongan tunjangan oleh Rahmat Effendi 

"Para saksi hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan dugaan adanya pemotongan tunjangan lurah di Pemkot Bekasi yang selanjutnya disetorkan untuk keperluan tersangka RE," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Kamis (27/1/2022). 

Selain para lurah, penyidik juga rampung memeriksa Kepala Pengadaan Barang dan Jasa di Bekasi, Agus Harpa, dalam kapasitasnya sebagai saksi. Agus diperiksa penyidik soal arahan Rahmat Effendi dalam penentuan lahan yang akan dijadikan sebagai proyek. 

"Yang bersangkutan hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan penentuan lahan yang dijadikan sebagai lokasi proyek oleh Pemkot Bekasi yang diduga karena adanya arahan tersangka RE," terangnya.

Penyidik juga sedang mendalami aliran uang suap yang diterima Rahmat Effendi. Penyidik mendalami aliran uang suap Rahmat Effendi melalui Guru SMK Gema Karya Bahana, Muthmainah. 

"Yang bersangkutan hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dugaan aliran sejumlah uang untuk tersangka RE," jelas Ali. 

Sejauh ini, KPK baru menetapkan sembilan tersangka dalam kasus dugaan suap terkait pengadaan barang dan jasa serta lelang jabatan di lingkungan Pemkot Bekasi. Kelima tersangka yang berstatus sebagai penerima suap yakni, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi alias Bang Pepen.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut