get app
inews
Aa Read Next : Kabupaten Bekasi Jadi Tuan Rumah Penyelanggaraan MTQ ke-38 Jawa Barat

Alquran Raksasa Ada di Palembang Tebalnya hingga 9 Meter

Selasa, 01 Februari 2022 | 17:03 WIB
header img
Alquran Raksasa atau Alquran Al Akbar dapat dikunjungi dan dilihat di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah, Jalan M Amin Fauzi, Palembang. (Foto: Okezone)

ALQURAN Raksasa atau Alquran Al Akbar dapat dikunjungi dan dilihat di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah, Jalan M Amin Fauzi, Soak Bujang, RT 03, RW 01, Kelurahan Gandus, Kecamatan Gandus, Palembang.

Tidak salah memang bila Alquran Al-Akbar disebut Alquran Raksasa terbuat dari lembar-lembar kayu tembesu ini memiliki tinggi menjulang hingga 15 meter.
 
"Alquran raksasa ini terdiri dari 315 potongan papan yang terbagi 630 halaman, di mana setiap halamannya memiliki tinggi 177 cm, lebar 140 cm dan ketebalan 2,5 cm. Tebal keseluruhannya termasuk sampul mencapai 9 meter," ujar Pengurus Museum Alquran Al-Akbar, Sarkoni.

Dia menjelaskan, setiap halaman Alquran dipahat di kedua sisinya. Sesuai dengan warna khas songket Palembang, setiap halaman Alquran diwarnai dengan warna dasar merah tua. Sedangkan untuk huruf ayat suci yang terukir timbul, dicat dengan menggunakan warna emas.

Alquran Raksasa ini, kata Sarkoni, juga dilengkapi dengan tajwid serta doa khataman bagi pemula. Setiap lembarnya dihiasi dengan ukiran motif kembang, di bagian tepi terukir ornamen khas Palembang yang sangat indah di pandang dan enak dibaca. Menurutnya, butuh waktu yang cukup lama untuk membuat Alquran ukiran kayu berukuran raksasa ini. "Alquran ini dibuat dari tahun 2002 sampai 2009 di kawasan Tangga Buntung, Palembang," ungkapnya, belum lama ini.

Alquran Raksasa ini terbesar dan pertama di dunia dalam bentuk Alquran 30 juz yang di buat pada media dari kayu jenis tembesu. Alquran terbesar ini sebelum resmi dipublikasikan, sengaja di pajang di dalam ruang pamer Masjid Agung Palembang selama tiga tahun untuk mendapat koreksi dari seluruh umat.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut