get app
inews
Aa Read Next : Visum Psikologis Buktikan Istri ASN Ditjen Pajak Alami Stres Berat Akibat KDRT

5 Tips Memilih Konsultan Pajak Terbaik, Pengusaha Pemula Harus Tahu

Senin, 14 Februari 2022 | 18:50 WIB
header img
Tips memilih konsultan pajak terbaik (Foto: Pexels)

Konsultan pajak adalah orang yang memberikan jasa konsultasi tentang perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan serta memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dalam hal ini konsultan pajak Surabaya, Bandung, Jakarta, Semarang akan membantu wajib pajak untuk mengurus segala hal yang berhubungan dengan pajak.

Pada akhirya wajib pajak bisa melaksanakan kewajiban membayar perpajakannya dengan sangat baik. Lantas, apa saja tugas wajib pajak? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Saja Tugas Konsultan Pajak?

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan pajak terpercaya. Pengusaha terlebih dahulu harus mengetahui apa saja tugas dari konsultan pajak Surabaya. Berikut ini beberapa tugas konsultan pajak, antara lain.

1. Mengajak Klien agar Selalu Patuh Terhadap Pajak 

Keberadaan jasa konsultan pajak secara tidak langsung akan membantu mendisiplinkan klien supaya selalu patuh dan tepat waktu dalam membayar pajak.

Klien yang tidak patuh pajak biasanya minim pengetahuan atau belum paham mengenai prosedur perpajakan sehingga membuatnya bingung, Ketidaktahuan klien tentang prosedur yang benar akan menjadi tugas konsultan pajak Jakarta untuk memberitahukannya.

2. Membantu Memeriksa Laporan Pajak

Tugas konsultan pajak selanjutnya yaitu membantu memeriksa laporan pajak  yang sudah dibayar oleh klien.

Laporan pajak yang akan diperiksa yaitu prosedur yang benar, evaluasi dan juga besaran pajak yang dilaporkan. Hal ini penting untuk dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir kesalahan laporan.

3. Membantu Menghitung Rencana Pajak yang Harus Dibayar

Apabila konsultan pajak mendapatkan klien yang merupakan pengusaha kena pajak. Pengusaha kena pajak harus mempunyai perencanaan perhitungan pajak dalam usahanya serta jenis pajak apa yang akan diberlakukannya.

Tugas konsultan pajak Surabaya dalam hal ini yaitu membantunya dalam menghitung perencanaan pajak yang harus dibayar.

4. Mendampingi Client dalam Proses Penghitungan Pajak

Bagi pengusaha yang tidak memiliki pengetahuan lebih mengenai pajak pasti akan kebingungan saat terjadi pemeriksaan pajak.

Dalam kondisi seperti ini, perusahaan pasti membutuhkan jasa konsultan pajak terbaik untuk mendampingi ketika sedang dilakukan pemeriksaan perpajakan. Konsultan Pajak juga akan membantu mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan.

5. Membantu Menyiapkan Prosedur Restitusi

Yang dimaksud restitusi dalam hal ini merupakan kelebihan pajak yang sudah dibayarkan oleh wajib pajak. Konsultan pajak Bandung akan membantu klien untuk menghitung restitusi.

Selain itu, konsultan pajak Jakarta juga membantu mengurus proses pengembalian kelebihan pembayaran pajak, mulai dari persiapan data, proses pemeriksaan hingga diterima pengembalian tersebut.

Tips Memilih Konsultan Pajak dan Akuntansi Terbaik

1. Memilih Konsultan Pajak yang Bisa Menjadi Partner

Sebagai orang yang memiliki uang untuk membayar jasa konsultan pajak Semarang, biasanya mencari konsultan pajak sebagai orang yang dipekerjakan dan hanya terima beres hasil kerjanya.

Padahal pandangan seperti itu salah karena dalam memilah konsultan pajak, harus memilih yang bisa menjadi partner terbaik untuk jangka panjang.

Mengubah pandangan tersebut maka hubungan Ada dengan konsultan pajak menjadi lebih terbuka dan ada kepercayaan lebih untuk mendukung perusahaan.

2. Memiliki Keahlian yang Relevan dan Sesuai Kebutuhan

Sebelum memutuskan mana konsultan pajak yang akan dipilih, sebaiknya terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dari konsultan pajak.

Hal ini dikarenakan jasa konsultan pajak cukup  beragam, seperti periksa laporan pajak, restitusi pajak, konsultasi, pendampingan dalam pemeriksaan pajak, jasa kepatuhan pajak, perencanaan pajak dan penyelesaian sengketa pajak. Setelah itu tinggal mencari konsultan pajak yang ahli dalam bidang yang dibutuhkan.

3. Memiliki Izin Praktek

Perlu diketahui bahwasanya tidak semua konsultan pajak bisa menangani seluruh kebutuhan wajib pajak.

Maka dari itu, pastikan konsultan pajak Surabaya yang akan dipilih memiliki izin praktik untuk bisa memberikan jasa sesuai dengan kebutuhan.

4. Cek Lebih Detail Pengalaman Konsultan Pajak

Untuk perusahaan atau pengusaha yang membutuhkan jasa konsultan pajak tidak perlu hanya mengecek izin prakteknya saja tetapi juga harus mengecek pengalaman yang dimiliki.

Konsultan pajak yang baik harus mempunyai banyak pengalaman dalam menangani berbagai kasus dalam jangka waktu tertentu.

Contohnya sangat berpengalaman dalam mendampingi wajib pajak dan penghitungan pajak selama 5 tahun.

5. Mencari Tahu Tarif Konsultan Pajak

Sebelum mempekerjakan konsultan pajak Surabaya, sebaiknya lebih dulu mengetahui berapa dan bagaimana pengenaan tarif.

Ini cukup penting karena ada konsultan pajak yang mematok tarif berdasarkan hitungan jam kerja. Ada juga yang berdasarkan penyelesaian kerja.

Editor : Iman Ridhwan Syah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut