get app
inews
Aa Read Next : Berawal Merasa Dehidrasi, Wanita AS Ini Tewas usai Tenggak 2 Liter Air dalam 20 Menit

Ini Delapan Makanan untuk Mencegah Dehidrasi Selama Puasa, dari Semangka hingga Yogurt

Senin, 04 April 2022 | 17:57 WIB
header img
Makanan untuk mencegah dehidrasi selama puasa (Foto: Timesofindia)

JAKARTA, iNews.id - Makanan untuk mencegah dehidrasi selama puasa perlu untuk diketahui. Sebab, dehidrasi atau kekurangan cairan menjadi salah satu masalah yang kerap dialami orang saat bepuasa, lantaran tubuh tidak menerima asupan makann dan minuman ebih dari 10 jam.

Masalah dehidrasi saat kita berpuasa ini sebetulnya bisa dikurangi atau bahkan dihindari dengan mengonsumsi makanan tinggi akan kandungan air, saat santap sahur dan berbuka puasa.

Apa saja makanan tinggi kandungan air yang bisa membantu mencegah dehidrasi? Mewarta Healthline, Senin (4/4/2022) berikut ulasan singkat delapan makanan tinggi kandungan air yang bisa mencegah dehidrasi, termasuk saat kita berpuasa.

1. Semangka

Memiliki 92 persen kandungan air, semangka jadi salah satu makanan yang paling menghidrasi. Per 154 gram semangka mengandung lebih dari 118 ml air. Semangka juga mengandung serat dan nutrisi penting, mulai dari vitamin C, vitamin A, dan magnesium. Semangka punya kepadatan kalori yang sangat rendah, dengan kalori yang sedikit, semangka membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan. Sangat membantu saat berpuasa bukan?

2. Stroberi

91 persen berat stroberi adalah karena kandungan airnya, makan stroberi akan berkontribusi banyak pada asupan air harian yang dibutuhkan tubuh. Stroberi juga punya banyak banyak serat, antioksidan penangkal penyakit dan vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, folat, dan mangan.

3. Blewah

Buah khas bulan Ramadan ini masuk jadi salah satu jenis makanan yang paling menghidrasi. Punya kandungan air hingga 90 persen, buah bergizi dan dapat meningkatkan kesehatan. Selain banyak air, blewah kaya akan vitamin A, yang mana dengan cukup asupan vitamin A bisa meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dengan melindungi terhadap infeksi.

4. Timun

Mengandung air hingga 95 persen, timun adalah makanan sehat dan menghidrasi. Timun juga rendah kalori, sehingga tidak apa-apa jika dikonsumsi dalam porsi banyak. Masukkan timun sebagai menu sahur atau berbuka puasa, dalam bentuk diolah jadi aneka salad, sandwiches, sayur tumisan, atau sup.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut