get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Beruntun di Tol Palikanci Tewaskan Satu Orang, Begini Kronologinya

Baru 50 Persen Dibuka, PTM di Cirebon Bakal Digelar 100 Persen Jika Kasus Covid-19 Terus Menurun

Kamis, 23 September 2021 | 20:27 WIB
header img
Pembelajaran Tatap Muka di sekolah Kota Cirebon mulai diterapkan meski baru 50 persen (foto: Istimewa)

KOTA CIREBON, iNews.id - Memasuki minggu ketiga pembelajaran tatap muka (PTM) dibuka, Dinas Kesehatan Kota Cirebon rencananya akan melakukan random sampling di beberapa sekolah pada November mendatang.

Hal itu rencananya dilakukan sebelum PTM dibuka 100 persen. Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edi Sugiarto, menuturkan kasus Covid-19 yang terus berkurang memungkinkan Kota Cirebon membuka kegiatan PTM dari 50 persen menuju 100 persen. 

Terlebih, capaian vaksin Kota Cirebon sudah diangka 69 persen, walau 18 persen dari data tersebut merupakan warga Kabupaten Cirebon. 

"Kalo total yang sudah divaksin 69 persen, ditambah kegiatan vaksin di SMP Negeri 4 bisa sampai 71 persen dihari ini," ucapnya.

Edi menambahkan, jika dalam kurun waktu satu bulan terakhir tidak terjadi kenaikan kasus baru Covid-19, maka dimungkinkan untuk dilaksanakan PTM 100 persen. 

"Kebetulan PTM ini kalau tidak ada kasus baru secara umum maka akan dibuka 100 persen, tenaga kami sudah memonitoring ke sekolah-sekolah apakah ada gejala dan cluster baru," jelasnya. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengatakan dua bulan terakhir adalah masa transisi menuju PTM 100 persen. 

"Kita minta Disdik setiap sebulan sekali dilakukan evaluasi, indikator yang menjadi acuan Adalah bagaimana pelaksanaan protokol kesehatan dilakukan kedatangan dan kepulangan dan harus optimal penerapannya," kata Gusmul. 

Evaluasi yang akan ditekankan, kata sekda Dinas Pendidikan Kota Cirebon perlu turut memonitoring pelaksaan prokes dan metode belajar, sementara ini lanjut sekda Kota Cirebon baru menjalankan PTM terbatas 50 persen. 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut