get app
inews
Aa Read Next : Perusahan Alkes asal Moskow Rusia Ramaikan HOSPITAL EXPO 2023

Keberanian Soekarno Salat di Rusia Buat Kagum, Namanya Dipakai Satu Keluarga Selama Empat Generasi

Rabu, 06 Juli 2022 | 07:00 WIB
header img
Presiden Soekarno saat berkunjung ke St Petersburg, Rusia. (Foto: KBRI Moskow)

JAKARTA, iNews.id - Kisah Presiden RI pertama, Ir Soekarno meninggalkan jejak mendalam di Rusia lantaran keberaniannya. Di mana kedatangannya pada Juni 1961 di negara yang sebelumnya bernama Uni Soviet tersebut membuat warga Rusia menamai anggota keluarganya Sukarno dan berlangsung hingga empat generasi.

Nama warga Rusia itu Musa Gashimovich. Dia adalah warga Dagestan, salah satu negara bagian dalam Federasi Rusia dan merupakan republik terbesar di Rusia yang terletak di utara Kaukasus.

Kala itu, Musa yang menjabat sebagai ketua kelompok tani atau kolkhoz menghadiri sidang Partai Komunis di Kremlin. Sidang Komite Sentral Partai Komunis Uni Soviet digelar pada hari Jumat. 

Sejumlah kepala negara hadir di sana, termasuk Presiden pertama Indonesia, Sukarno. Ketika sidang masih berlangsung dan waktunya zuhur, Soekarno tiba-tiba berdiri. Dia meminta izin kepada Sekjen Partai Komunis, Nikita Khrushchev, meninggalkan ruangan untuk menunaikan salat. 

Nikita Khrushchev pun mengizinkan Sukarno meninggalkan ruangan sidang. Aksi Sukarno rupanya membuat kader Partai Komunis, Musa Gashimovich kaget. Dia nyaris tidak percaya. 

Wajar saja dia terkejut melihat Sukarno. Di zaman itu, Uni Soviet melarang kegiatan beragama, termasuk salat bagi umat Islam. Umat beragama harus beribadah secara diam-diam.

Musa Gashimovich diam-diam kagum pada Presiden Sukarno karena berani meminta izin untuk salat zuhur. Apa yang dilakukan oleh Sukarno sangat luar biasa, di luar pikiran kebanyakan orang Rusia ketika itu, termasuk Musa. 

Ternyata kekaguman Musa Gashimovich pada Sukarno juga sangat besar. Dia sampai menamai anaknya yang lahir pada 1962, Sukarno, tepatnya Sukarno Musaevich atau Sukarno bin Musa. 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut