get app
inews
Aa Read Next : Intip Sumber Kekayaan Jeje Slebew, Salah Satunya Jadi Model Street Photography

Vanessa Angel dan Siapapun Pasti Akan Meninggal, Ingat Rahasia Ada 99 Sebab Kematian

Kamis, 04 November 2021 | 22:03 WIB
header img
Semua makhluk hidup pasti akan mengalami maut atau kematian, tetapi tidak ada yang tahu kapan ajal itu menjemput. (Foto: MPI/Dok)

VANESSA Angel meninggal dunia bersama suaminya Bibi Ardiansyah dalam insiden kecelakaan lalu lintas. Sebagai sesama Muslim maka sudah sepatutnya berharap agar kedua wafat dalam keadaan khusnul khotimah, wafat dalam keadaan baik, amin.

Semua makhluk hidup pasti akan mengalami maut atau kematian, tetapi tidak ada yang tahu kapan ajal itu menjemput. Manusia diciptakan semata-mata untuk beribadah kepada Sang Pencipta. Hidup dan mati seseorang sudah diatur oleh-Nya. 

Lalu, tidak ada seorang pun yang tahu dimana dan kapan dia akan mati. Hanya Allah Subhanallahu wa ta’ala yang mengetahui kapan waktu kematian seseorang.

Seperti firman-Nya dalam Al-Qur’an:

كُلُّ نَفۡسٍ ذَآٮِٕقَةُ الۡمَوۡتِ‌ؕ وَاِنَّمَا تُوَفَّوۡنَ اُجُوۡرَكُمۡ يَوۡمَ الۡقِيٰمَةِ‌ؕ فَمَنۡ زُحۡزِحَ عَنِ النَّارِ وَاُدۡخِلَ الۡجَـنَّةَ فَقَدۡ فَازَ ‌ؕ وَمَا الۡحَيٰوةُ الدُّنۡيَاۤ اِلَّا مَتَاعُ الۡغُرُوۡرِ‏

Kulu nafsin zaaa'iqatul mawt; wa innamaa tuwaffawna ujoorakum Yawmal Qiyaamati faman zuhziha 'anin Naari waudkhilal Jannata faqad faaz; wa mal hayaatud dunyaaa illaa mataa'ul ghuroor

"Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya."

Ustaz Oemar Mita mengatakan,karena sesungguhnya sifat kematian itu ada dua, yang satu adalah tiba-tiba, yang kedua adalah tidak bisa dihindari.

Sebagaimana Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam menyebutkan dalam hadis shahih yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, ‘Sesungguhnya anak Adam itu selalu dikelilingi oleh 99 sebab kematian. Kalau kemudian 99 sebab kematian itu mampu dilampaui oleh dirinya, maka dia sudah menemukan Tuhan. Kalau sudah menemukan Tuhan, kau tidak akan bisa melawan Tuhan kecuali dia mati,”

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut