Selain Berlian, Ini Sederet Mineral Paling Mahal di Dunia

Wasis Wibowo
.
Kamis, 01 Desember 2022 | 15:50 WIB
Mineral Paling Mahal di Dunia, Salah Satunya Berlian. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Mineral paling mahal di dunia harganya ternyata mencapai miliaran dolar sehingga ramai diburu. Terlebih perkembangan kendaraan listrik yang mulai marak bikin salah satu mineral paling diburu ialah Lithium.

Tak hanya itu, masih ada banyak mineral berupa batu mulia atau emas yang jadi incaran lantaran bernilai sangat mahal.

Lantas, apa saja daftar mineral paling mahal di dunia? Berikut informasinya yang iNewsBekasi.id kutip dari SINDOnews.

Mineral Paling Mahal di Dunia

1. Painite

Painite (Painit) dikenal sebagai salah satu mineral yang paling sulit ditemukan dan salah satu mineral paling langka di dunia. Mineral ini pertama kali ditemukan di Myanmar pada tahun 1950 oleh pedagang permata Inggris Arthur C.D. Pain.

Mineral ini awalnya dikira sebagai Rubi, sebelum dikonfirmasi sebagai formasi mineral baru. Harga Painite sekitar USD55.000 sampai USD60.000 per karat. Pada 2001, hanya dua kristal Painite yang pernah ditemukan, tetapi ribuan lainnya ditemukan di wilayah Mogok Myanmar.

2. Rhodium

Rhodium termasuk mineral termahal di dunia karena aplikasi katalitiknya yang bernilai tinggi dalam industri otomotif. Rhodium, logam mulia putih perak ini menjadi mahal harganya karena termasuk mineral langka.

Pasokan terbesar Rhodium ditemukan pada tahun 2009 di Afrika Selatan dan Rusia, dan harga rata-ratanya adalah USD435 per gram. Dari 30.000 kg Rhodium yang digunakan di seluruh dunia pada tahun 2012, sebanyak 81% digunakan untuk industri otomotif, sedangkan sisanya untuk pembuatan kaca dan bahan kimia.

3. Berlian

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini