Logo Network
Network

Selain Berlian, Ini Sederet Mineral Paling Mahal di Dunia

Wasis Wibowo
.
Kamis, 01 Desember 2022 | 15:50 WIB
Selain Berlian, Ini Sederet Mineral Paling Mahal di Dunia
Mineral Paling Mahal di Dunia, Salah Satunya Berlian. Foto: Freepik

6. Rubi

Rubi dianggap sebagai batu permata dan mineral paling mahal di dunia dan harganya diperkirakan sekitar USD435 per gram. Batu Rubi mendapatkan warna merah memikat dari unsur kromium yang dikandung di dalamnya.

Batu Rubi berwarna merah cerah, yang dikenal dengan darah merpati, adalah yang paling banyak dicari, apalagi jika batunya bening dengan inklusi tipis saja. Pasokan terbesar batu Rubi paling banyak di Burma, yang dikenal sebagai sumber batu Rubi.

7. Batu Giok

Batu Giok atau Jadeite adalah mineral langka yang paling sering ditemukan di Guatemala dan Meksiko. Nilai mineral hijau zamrud ini meningkat dan perhitungan terbaru mengatakan nilainya saat ini sekitar USD3 juta per karat.

Jadeite memiliki berbagai warna dari hijau muda hingga biru-hijau, dengan beberapa bahkan tampak ungu-biru. Jadeite adalah salah satu batu permata yang paling diinginkan dan berharga di dunia. Kalung Batu Giok termahal bahkan dijual lebih dari beberapa mobil termahal di dunia, dengan harga USD27,44 juta.

8. Garnet

Garnet dapat ditemukan dalam berbagai warna seperti coklat, hijau, oranye, merah muda, ungu, merah, dan kuning. Di antara semua warna ini, garnet biru adalah satu-satunya dengan nilai yang cukup tinggi.

Mineral ini pertama kali ditemukan pada 1990-an di Madagaskar, dan sejak itu telah ditambang di Rusia, Turki, dan Amerika Serikat. Nilai saat ini dari mineral berharga ini adalah USD1,5 juta per karat. Keistimewaan garnet biru adalah dapat berubah warna dari biru-hijau menjadi ungu, di bawah pantulan cahaya.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini