get app
inews
Aa
Read Next : Jangan Sepelekan, Ini Ngerinya Utang Zina dalam Islam

Buya Yahya Ungkap Bahaya Melakukan 10 Dosa Besar dalam Islam

Minggu, 29 Januari 2023 | 14:48 WIB
header img
Buya Yahya mengungkap bahaya melakukan 10 dosa besar dalam Islam. Foto: YouTube

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Manusia adalah salah satu ciptaan Allah Subhanhu wa Ta'ala yang lebih sempurna daripada makhluk lainnya. Kendati demikian, kesempurnaan yang dimiliki manusia tak lantas bikin terhindar dari dosa.

Dilansir dari Okezone, adapun kategori dosa menurut Islam tergolong dua, yakni dosa besar serta kecil.

Berikut bahayanya melakukan 10 dosa besar dalam Islam, seperti diungkap Buya Yahya.

10 Dosa Besar dalam Islam

1. Membunuh

Islam melarang keras tindakan membunuh lantaran akan menimbulkan kekerasan, kerusuhan, dan kekacauan dalam masyarakat. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

مِنْ أَجْلِ ذَٰلِكَ كَتَبْنَا عَلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنَّهُ مَنْ قَتَلَ نَفْسًا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الْأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعًا وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعًا ۚ وَلَقَدْ جَاءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِالْبَيِّنَاتِ ثُمَّ إِنَّ كَثِيرًا مِنْهُمْ بَعْدَ ذَٰلِكَ فِي الْأَرْضِ لَمُسْرِفُونَ

Artinya: "Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi." (QS Al Maidah (5) Ayat 32)

2. Durhaka kepada Orangtua

Bagi setiap Muslim patuh atau berbakti kepada orangtua adalah keharusan. Hal ini juga ditegaskan oleh adalah Pembina Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon KH Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya bahwa berbakti terhadap orangtua menggunakan hati bukan akal (otak) yang harus dihalalkan.

"Berbakti kepada orangtua ini tidak cukup hanya dengan dihafal otak kita. Tapi Nabi meminta kita agar bagaimana tahu rasanya berbakti, sebab berbakti bukan urusan otak tapi hati," jelas Buya Yahya dalam kanal dari YouTube Al-Bahjah TV.

3. Zina

Hubungan seksual sebelum ikatat pernikahan yang halal tentu tidak dibenarkan oleh Islam. Terlebih lagi mereka yang menyetubuhi perempuan lewat dubur/anusnya (anal seks).

Perempuan yang dimaksud itu istrinya sendiri. Terlebih lagi praktik anal seks dengan perempuan yang diharamkan. Ini menjadi salah satu dosa besar di agama Islam.

4. Minum Khamr

Dilansir nu.or.id, dijelaskan meminum khamar atau minuman keras merupakan salah satu dosa yang diketahui setara dengan kekufuran. Syekh M Nawawi Banten mengutip hadits yang artinya:

"Peminum khamr pada hari kiamat kelak dikumpulkan, sementara kendi tergantung pada lehernya dan cangkir pada tangannya. Dia lebih busuk daripada bangkai di muka bumi. Ia dilaknat oleh setiap orang yang melewatinya."  

5. Merasa Aman dari Ancaman Allah Ta'ala

Manusia bukanlah makhluk yang sempurna dalam arti tidak pernah melakukan kesalahan. Namun, terkadang bisa saja ada orang yang merasa tidak ada masalah atau dosa.

Mereka selalu beranggapan bahwa Allah adalah Maha Pengampun. Memang benar, tapi konsepnya tentu saja tidak begitu.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

أَفَأَمِنُوا مَكْرَ اللَّهِ فَلَا يَأْمَنُ مَكْرَ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْخَاسِرُونَ

Artinya: "Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah (yang tidak terduga-duga)? Tiada yang merasa aman dan azab Allah kecuali orang-orang yang merugi." (QS Al A'raf: 99) 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut