get app
inews
Aa Read Next : IFG Luncurkan Buku Terkait Asuransi dan Dana Pensiun

OJK: Waspadai Tawaran Investasi dan Pinjol Ilegal di Tengah Meriahnya Lebaran

Rabu, 05 April 2023 | 10:49 WIB
header img
OJK: Waspadai Tawaran Investasi dan Pinjol Ilegal di Tengah Meriahnya Lebaran. (Foto: Ist)

Penawaran pinjaman online ilegal seringkali menjanjikan proses yang mudah dan cepat, namun dengan bunga yang sangat tinggi. Hal ini dapat merugikan masyarakat yang meminjam dan akan sulit untuk melunasi hutangnya.

Cara Memastikan Legalitas Investasi

Bagaimana cara memastikan legalitas suatu entitas yang menawarkan investasi? Masyarakat dapat melakukan pengecekan legalitas suatu entitas dengan mengunjungi website dari otoritas yang mengawasinya atau dengan melihat daftar entitas yang telah dihentikan oleh Satgas Waspada Investasi.

Masyarakat juga dapat mencari informasi legalitas melalui Kontak OJK 157 atau WA 081157157157. Jika masyarakat menemukan tawaran investasi atau pinjaman online yang mencurigakan atau diduga ilegal, dapat melaporkannya melalui email konsumen@ojk.go.id, atau email: waspadainvestasi@ojk.go.id.

Cara Mengenali Penipuan Melalui Pinjaman Online 

Penipuan dalam bentuk pinjaman online semakin marak terjadi di Indonesia. Berbagai modus operandi digunakan oleh pelaku penipuan, salah satunya adalah melalui SMS. SMS penipuan ini dikirimkan kepada calon korban dengan modus penawaran pinjaman cepat dan mudah.

Oleh karena itu, perlu untuk mengenali ciri-ciri modus penipuan pinjaman online via SMS agar dapat menghindari menjadi korban. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri modus penipuan pinjaman online via SMS yang perlu diwaspadai. Berikut ciri-ciri modus penipuan Pinjaman Online via SMS

Ciri-ciri modus penipuan pinjaman online via SMS

1. SMS berasal dari nomor umum yang tidak dikenal

Salah satu ciri-ciri modus penipuan pinjaman online via SMS adalah SMS penipuan tersebut berasal dari nomor umum yang tidak dikenal. Nomor umum ini biasanya terdiri atas digit yang banyak dan tidak terkait dengan lembaga keuangan atau perusahaan yang resmi.

Sebaliknya, SMS yang asli biasanya berasal dari nomor yang terkait dengan lembaga keuangan atau perusahaan yang resmi, dan terdiri sekitar 3-6 digit angka.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut