get app
inews
Aa Read Next : Tercapainya Homologasi, PT Amarta Karya Siap Kontribusi Bangun Infrastruktur di Indonesia

Jembatan Jalan Raya Membelah Sungai Xiangxi, Infrastrukur Canggih di China

Minggu, 14 Mei 2023 | 21:37 WIB
header img
Sebuah jembatan jalan raya membelah sungai di antara perbukitan di Provinsi Hubei, China menjadi salah hasil karya infrastruktur canggih.Foto: Xinhua Video/odditycentral

Ternyata, membangun jalan raya melalui lanskap pegunungan yang rumit seperti Lembah Sungai Xiangxi di Hubei lebih sulit dari yang terdengar. Hal ini melibatkan penggalian terowongan sepanjang mil di dalam batu, pemindahan penduduk yang tinggal di pinggir sungai, dan berdampak pada flora dan fauna lokal.

Setelah menghitung-hitung, tim insinyur menunjukkan bahwa membangun jembatan jalan raya di atas sungai lebih murah dan lebih cepat daripada membangun jalan raya di darat. Selain itu, hal ini juga menyelesaikan semua masalah lainnya.

Tentu saja, membangun jalan raya tergantung sepanjang 4,4 kilometer yang mengikuti lengkungan Sungai Xiangxi bukanlah suatu usaha yang murah, tetapi ternyata lebih baik daripada alternatifnya. Biaya 440 juta yuan (USD71 juta) yang dihabiskan untuk jalan raya sungai yang unik ini jauh lebih sedikit daripada biaya membangun jalan raya di lembah ini.

Selain itu, waktu tempuh dari Gufuzhen ke jalan raya utama yang semula memakan waktu lebih dari satu jam, kini hanya membutuhkan waktu 20 menit.

Dalam 8 tahun sejak diresmikan, jalan raya sungai China telah menjadi daya tarik wisata, dengan jutaan orang datang ke Hubei untuk merasakan sensasi mengemudi di tengah sungai dan menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Jalan raya sungai ini hanya salah satu dari banyak keajaiban rekayasa China yang pernah kami bahas di sini di OC selama bertahun-tahun.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut