get app
inews
Aa Read Next : PLN Icon Plus Jaga Keandalan Jaringan dan Layanan selama Libur Lebaran

Simak, Lima Tips Cegah Dehidrasi saat Mengemudi di Perjalanan Mudik

Senin, 25 April 2022 | 17:31 WIB
header img
Cegah dehidrasi saat mudik (Foto: Healthline)

JAKARTA, iNews.id - Tips cegah dehidrasi ketika mengemudi di perjalanan mudik bakal dibahas dalam artikel ini. Sebab, hal itu pun harus diketahui supaya pengemudi tetap segar dan bugar sampai ke kampung halaman. 

Dehidrasi terjadi saat tubuh kekurangan sejumlah cairan untuk menjalankan fungsinya dengan optimal. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan berbagai gejala yang mengganggu, seperti lemas, mudah lelah, mata cekung, pusing, bahkan penurunan kesadaran. 

Anda pastinya tak ingin perjalanan mudik terganggu dehidrasi, bukan? Nah, MNC Portal Indonesia telah merangkum dari berbagai sumber lima tips cegah dehidrasi saat mengemudi di perjalanan mudik. Yuk, simak selengkapnya!

1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Mulailah hari Anda dengan segelas air. Ini adalah cara yang bagus untuk memulai hidrasi harian Anda. Kemudian, lanjutkan minum air putih sepanjang hari, minimal sebanyak 7-8 gelas dalam sehari. Selain itu, bawa pula air minum dalam botol untuk dikonsumsi secara berkala sepanjang perjalanan. Minumlah sebelum rasa haus melanda, karena haus merupakan salah satu tanda awal terjadinya dehidrasi.

2. Bawa Air Minum denganSedikit Rasa

Bawalah air minum dengan tambahan sedikit rasa, seperti infused water menggunakan irisan lemon atau jeruk nipis. Selain infused water, Anda juga bisa membawa kelapa muda atau minuman kemasan yang terbuat dari kelapa asli agar Anda tidak kehausan, serta dapat dikonsumsi dengan mudah di sela-sela perjalanan. 

Faktanya, air kelapa memiliki kandungan elektrolit yang mampu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Di samping itu, air kelapa juga mengandung potasium yang turut membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan bertenaga. Dengan begitu, tubuh Anda pun akan tetap segar dan bugar hingga sampai kampung halaman.

3. Bawa Bekal Buah-buahan yang Banyak Mengandung Cairan

Cairan tak hanya bisa didapatkan dari minum air putih. Anda juga bisa mendapatkan asupan cairan dari buah-buahan yang pada dasarnya mengandung banyak air, seperti apel, jeruk, pir, atau buah beri. Selain mengandung banyak air, buah-buahan tersebut juga mudah dibawa, tidak gampang busuk, dan mengandung potasium yang mampu mempertahankan keseimbangan cairan tubuh lebih lama. Buah-buahan ini bisa Anda jadikan sebagai camilan sepanjang perjalanan mudik.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut