get app
inews
Aa Read Next : Pendeta Gilbert Lumoindong Dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Singgung Soal Zakat

Target Rukun Islam, Begini Penjelasan Lengkap Ulama

Jum'at, 10 Desember 2021 | 08:22 WIB
header img
Kitab Suci umat Islam, Al-Quran.(Foto: Freepik)

Ketiga; zakaatul mukhlishiin, zakatnya orang-orang yang ikhlas, zakat yang dilaksanakan dengan penuh keikhlasan.
Setiap amaliah dan ibadah memang harus dilaksanakan dengan tulus dan penuh keikhlasan, karena Allah semata-mata, tidak karena yang lain.

Pada tulisan ini secara spesifik ikhlas atau mukhlis dikaitkan dengan pelaksanaan zakat, karena zakat (juga infak dan shodaqoh) berkaitan dengan pengeluaran harta, yang memiliki tantangan tersendiri untuk memelihara keikhlasannya.

Mengeluarkan harta yang telah susah payah dicari dan dikumpulkan, untuk diberikan kepada orang lain yang berhak, bagi sementara orang adalah sesuatu yang memberatkan, apatah lagi harus disertai dengan keikhlasan pula. 

Di sinilah pentingnya ikhlas dalam berzakat. Bahwa orang yang zakatnya dalam kategori zakaatul mukhlisin, tidak ada dari zakat atau kedermawanan yang dilakukannya, kecuali semata-mata mengharap keridhoan Allah SWT. Maka dalam berzakat berinfak dan bershodaqoh sebetulnya ada dua aspek yang harus diperhatikan, yakni:

1. Aspek kuantitas, yakni menyangkut jumlah, seberapa banyak jumlah zis yang dikeluarkan oleh seorang Muslim. Dan apakah jumlahnya sudah sesuai atau sudah patut dengan kekayaan yang dimiliknya.

2. Aspek kualitas, yakni menyangkut mutu zisnya itu apakah sesuai dengan target yang harus dicapai olehnya sebagai seorang Muslim, apakah zis yang telah dikeluarkannya betul-betul ikhlas karena Allah semata.

FirmanNya dalam surat At Tholaq, 65 : 2-3 sbb :

وَمَنٌ يَتَّقِ الله يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجاً وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لاَيَحْتَسِبْ

Barangsiapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka”, (Ini menyangkut aspek kuantitas).

Di samping itu dia akan mendapat keberkahan dari Allah swt. Rezeki yang berkah dan “banyak” inilah yang menjadi dambaan kita semua.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut