get app
inews
Aa Read Next : Pendeta Gilbert Lumoindong Dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Singgung Soal Zakat

Target Rukun Islam, Begini Penjelasan Lengkap Ulama

Jum'at, 10 Desember 2021 | 08:22 WIB
header img
Kitab Suci umat Islam, Al-Quran.(Foto: Freepik)

Keempat, shaum atau puasanya, shaumul  mutathohhiriin, puasa yang mensucikan, puasanya orang-orang yang mampu mensucikan dirinya dari dosa-dosa.

Puasa yang benar, puasa yang harus menjadi target kita adalah puasa yang tidak hanya meninggalkan makan minum dan berhubungan suami isteri di siang hari, sebagaimana dijelaskan oleh definisi shaum menurut para fuqoha. Karena Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Tidaklah berpuasa itu dari makan dan minum, tetapi berpuasa itu adalah dari perbuatan kosong dan perkataan keji, maka jika kamu dicaci orang atau diperbodohkan, hendaklah katakan, “saya berpuasa, saya berpuasa”. ( HR Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Hakim dari Abu Hurairoh).

Maka yang penting bagi seorang Muslim yang sudah mampu melaksanakan puasa sesuai dengan tuntunan fiqih itu, ialah senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas puasanya, dengan meninggalkan semua perbuatan tercela.

Puasa yang demikianlah yang akan menghapus dosa yang telah dilakukan, bahkan mampu mengendalikan dirinya agar di masa datang tidak berbuat dosa lagi.

Rasulullah SAW bersabda dari Abu Hurairoh ra :

مَنْ صاَمَ رَمَضَانَ اِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ, وَفِيْ رِوَايَةٍوَماَتَاَخَّرَ

"Barangsiapa yang melaksanakan puasa Ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu-dalam riwayat lain-dan yang akan datang”.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut