get app
inews
Aa Read Next : Shin Tae-yong Akan Pertahankan The Winning Team saat Hadapi Australia

Perang Urat Syaraf Timnas Indonesia Bentrok Vietnam Piala AFF, Shin Tae-yong: Garuda Bakal Menang

Selasa, 14 Desember 2021 | 12:43 WIB
header img
Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia (Foto : Humas PSSI)

BISHAN,iNews.id - Perang urat syaraf atau Psy war dilontarkan pelatih Timnas Indonesia terhadap Timnas Vietnam sebelum laga pada Rabu, 15 Desember 2021.  

Pelatih Shin Tae-yong mengatakan Indonesia bisa mengalahkan Vietnam pada laga ketiga penyisihan Grup B Piala AFF 2020 . Ini mendapat serangan balik dari media setempat.

Di antaranya dilakukan situs TheThao247. Mereka menimpali pernyataan Shin yang yakin Indonesia bakal menang dan melaju ke semifinal Piala AFF 2020. Sejarah pertemuan sampai diungkit.

Indonesia akan meladeni Vietnam di Bishan Stadium, Singapura, Rabu (15/12/2021) malam. Ini akan menjadi duel dua tim yang mencatat rekor sempurna dari dua laga.

Baik Indonesia dan Vietnam sama-sama mengoleksi enam poin. Namun, skuad Garuda untuk sementara menempati posisi pertama karena unggul produktivitas.

Poin serupa juga dikumpulkan Malaysia di posisi tiga. Itu sebabnya pemenang duel Indonesia vs Vietnam dipastikan lolos ke semifinal, minimal sebagai runner-up.

Rupanya Shin percaya Indonesia bakal menundukan Vietnam. Ini berkaca hasil fantasis selama di dua laga yang dijalani, yakni mengalahka Kamboja (4-2) dan Laos (5-1).

Namun, TheThao247 tidak sependapat dengan pernyataan Shin. Mereka menilai kemenangan itu bisa draih Indonesia karena melawan tim lemah.

TheThao247 membalasanya dengan mengatakan jangan berharap Indonesia dapat meraih poin penuh. Mereka seakan-akan mencoba menenangkan publik Vietnam dengan menyinggung sejarah pertemuan.

Mereka menyatakan Vietnam lebih kuat ketimbang Evan Dimas dkk. Nyataya, dari dua kali pertemuan saat Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia selalu dipaksa bertekuk.

Pertemuan pertama yakni pada 15 Oktober 2019 di mana Indonesia masih dikomandoi Simon McMenemy. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, skuad Merah Putih kalah 1-3.

Kemudian pertemuan kedua pada 7 Juni 2021 di Stadion Al-Maktoum, Dubai. Laga yang jadi pertemuan pertama Shin Tae-yong dengan Park Hang-seo di level timnas ini berakhir 4-0 untuk kemenangan Vietnam.

“Meski pelatih Shin Tae-yong sangat percaya diri, namun melihat sejarah konfrontasi, Indonesia kalah telak dibandingkan Vietnam,” tulis TheThao247.

“Dua pertemuan terakhir di babak kualifikasi kedua Piala Dunia 2022, ‘Naga Emas’ sama-sama menang dengan skor meyakinkan 3-1 dan 4-0,” lanjutnya.

Kepercayaan diri TheThao247 mungkin tak lepas dari penampilan apik Vietnam dalam dua laga sebelumnya. Mereka menang melawan Laos 2-0, dan mampu melibas Malaysia 3-0.

Vietnam juga menjadi kandidat kuat untuk menjuarai Piala AFF 2020. Bahkan sebagian pengamat memprediksi mereka akan bertanding di final melawan Thailand yang berada di Grup A.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut